Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Mulai Tahun Ini, Ujian Nasional Ditiadakan di Luwu Timur

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI meniadakan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021, yang ada asesmen nasional.

ist
Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur, La Besse 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI meniadakan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021, yang ada asesmen nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Luwu Timur, La Besse mengatakan yang diasesmen (dinilai) bukan peserta didik tetapi sekolahnya oleh Kemendikbud.

"Mulai 2021 Ujian Nasional ditiadakan di Luwu Timur yang ada asesmen nasional," kata La Besse di Kejari Luwu Timur, Kamis (18/2/2021).

Asesmen nasional lanjut La Besse, ada tiga komponen yaitu pertama asesmen kompetensi minimal terkait literasi (kemampuan baca) dan numerisasi (kemampuan peserta didik memahami sesuatu lewat angka). 

Peserta asesmen nasional ini adalah murid kelas 5 SD, kelas 2 SMP dan kelas 2 SMA/SMK. Kalau SD pesertanya 30 orang, SMP dan SMA masing-masing 45 orang. 

"Peserta ini ditentukan secara acak oleh kementerian melalui data siswa yang ada di Dapodik," ujar La Besse.

Kedua terkait dengan karakter peserta didik,  atau kemampuan kepribadian murid atau siswa apa yang telah diajarkan, dilakukan oleh masing-masing sekolah. 

"Apakah dampaknya telah mampu diterapkan di lingkungannya masing-masing atau tidak. Itu akan dinilai semua," katanya.

Selanjutnya ketiga adalah survei lingkungan belajar. Survei lingkungan belajar ini pesertanya bukan peserta didik, tetapi guru dan kepala sekolah.

Jadi peserta asesmen nasional itu adalah peserta didik, guru dan kepala sekolah.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved