Breaking News:

Tribun Enrekang

Dialog Publik Bahas PEN, Pemkab Enrekang Transparan Kelola Anggaran

Dialog tersebut mengangkat tema Penguatan Partispasi Pengawasan Publik terhadap pelaksanaan pembangunan

TRIBUN TIMUR/AZIS ALBAR
Dialog Publik yang digelar Komunitas Keadilan Publik (KITAB) Kabupaten Enrekang di Arbas Cafe, Kecamatan Enrekang, Kamis (18/2/2021). 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Pemerintah Kabupaten Enrekang menegaskan bakal transparan dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal itu ditegaskan oleh Kabag Hukum Pemkab Enrekang, Dirhamsyah dalam Dialog Publik yang digelar Komunitas Keadilan Publik (KITAB) Kabupaten Enrekang di Arbas Cafe, Kecamatan Enrekang, Kamis (18/2/2021).

Dialog tersebut mengangkat tema Penguatan Partispasi Pengawasan Publik terhadap pelaksanaan pembangunan Infrakstruktur Kabupaten Enrekang.

Menurut Dirhansyah, semua tahapan dan mekanisme untuk dapatkan bantuan PEN tersebut semuanya telah dicermati oleh PT SMI selaku pihak yang ditunjuk Kemenkeu RI.

"Jadi semua alur dan tahapan PEN ini sudah dicermati dengan seksama oleh mereka sebelum memutuskan kita layak dapat PEN ini, karena ada beberapa persyaratab dan kriteria yang harus dipenuhi daerah agar bisa dapat," kata Dirhamsyah.

Dirhamsyah mengatakan, berdasarkan PMK 105 tahun 2020 ketika kabupaten ingin usulkan PEN aturan dasarnya, harus raih predikat WTP, tidak miliki tunggakan pinjaman, dan ruas harus termuat dalam rancangan APBD 2021.

"Pinjaman ini tanpa bunga dalam MoU kita. Jadi kami akan tetap menggandeng aparat penegak hukum dalan pelaksanaan PEN ini sehingga lebih transparan," ujarnya.

Sementara Kepala Bappeda Enrekang, Chaidar Bulu, mengatakan program PEN tertuang dari peraturan pemerintah.

Dan program PEN ini hanya diakomodir dalam bentuk fisik, agar  bagaimana mempercepat dan mengakselerasi semua keterpurukan dari dampak Covid-19.

"Maka kita berhasil yakinkan pusat agar tahun 2021 dialokasikan PEN Rp 441,5 miliar untuk sektor pariwisata, jembatan, kesehatan dan infrakstruktur," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved