Breaking News:

Tribun Makassar

25 Penyintas Covid-19 Donor Darah Konvalesen

Seluruh pendonor dalam kegiatan amal donor darah tersebut adalah para staff dari PT Japfa Comfeed.

TRIBUN TIMUR/DIAN AMELIA
Bersama Unit Donor Darah PMI Makassar, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menggelar aksi donor darah, Kamis (18/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR -  Bersama Unit Donor Darah PMI Makassar, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menggelar aksi donor darah, Kamis (18/2/2021).

Seluruh pendonor dalam kegiatan amal donor darah tersebut adalah para staff dari PT Japfa Comfeed.

Tercatat ada 50 orang yang memenuhi syarat mendonorkan darahnya dari total 76  yang mendaftar dalam kegiatan tersebut.

"Jumlah pendaftar donor darah 76 orang, yang diambil darahnya terkumpul 50 kantong darah," ujar HSE Supervisor PT Japfa Malik Mulki.

Kendati demikian, Malik menambahkan jika PMI dan Japfa juga melakukan screening terhadap karyawan yang merupakan penyintas covid-19 untuk mengetes kelayakan untuk donor darah konvalesen, tercatat ada 25 orang peserta yang mengikuti screening.

Menurut Wakil Ketua Unit Donor Darah PMI, Khudri Arsyad jika donor Plasma konvalesen yaitu plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dirawat dirumah sakit.

" Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 ," tuturnya.

Sebelum melakukan donor darah plasma konvalesen, tentunya ada beberapa mekanisme yang perlu dilakukan seperti pendonor telah memenuhi kriteria pada skrining yang sudah dilakuan sehari sebelumnya.

" Yang diperiksa saat Skrining yakni kondisi apakah memiliki jumlah antibodi spesifik Covid-19 yang cukup untuk membantu pasien dan hasil negatif terhadap beberapa pemeriksaan keamanan darah, serta memenuhi standar pemeriksaan laboratorium sesuai dengan persyaratan,"jelasnya.

Khudri membeberkan jika terapi plasma konvalesen diberikan dari pasien COVID-19 yang sudah sembuh yang kaya dengan antibodi poliklonal, yang ditransfusikan kepada pasien COVID-19, sebagai salah satu upaya pemberian imunisasi pasif dengan segera.

Halaman
12
Penulis: Dian Amelia
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved