Breaking News:

Kementan

Legislator DPR dari Partai Nasdem: Daya Tahan Sektor Pertanian di Tengah Pandemi Jadi Realitas

Pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membawa dampak yang buruk, karena menyasar berbagai sektor kehidupan.

DOK PRIBADI
Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem, Charles Meikansyah 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membawa dampak yang buruk, karena menyasar berbagai sektor kehidupan.

Selain berdampak pada sektor kesehatan, sektor ekonomi juga mengalami kontraksi yang cukup besar.

Namun, di tengah hantaman krisis ekonomi, sektor pertanian berhasil menjadi bantalan ekonomi nasional.

Daya tahan sektor pertanian dan perbaikan sektor pertanian di tengah pandemi merupakan sebuah realitas bukan fatamorgana.

“Di masa pandemi Covid-19 sektor pertanian secara umum dapat dikatakan kebal terhadap krisis ekonomi nasional. Pertumbuhan positif sektor pertanian memberikan sumbangsih yang besar terhadap perekomian nasional, “ kata anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem, Charles Meikansyah saat mengikuti diskusi online yang diselenggarakan INDEF yang bertajuk “Daya Tahan Sektor Pertanian: Realita atau Fatamorgana”, Rabu (17/2/2021).

Demikian siaran pers Kementerian Pertanian atau Kementan RI kepada Tribun-Timur.com.

Charles menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2020 di era pandemi yang menghantam perekonomian dunia, termasuk Indonnesia membuat PDB Indonesia mengalami kontraksi sebesar -2,07 persen.

Namun sektor pertanian mampu membuktikan sebagai salah satu yang tahan terhadap guncagan pandemi dengan total pertumbuhan sepanjang tahun 2020 sebesar 1,75 persen.

Lebih lanjut, Charles menyayangkan meskipun prestasi kinerja sektor pertanian cukup baik namun realokasi dan refocusing anggaran pada sektor pertanian cukup signifikan.

Pada tahun 2021 anggaran Kementerian Pertanian mengalami pemotongan sebesar Rp 6,326 triliun dari pagu awal 21,838 triliun menjadi Rp 15,5 triliun.

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved