Breaking News:

Tribun Majene

Perjuangan Ibu Hamil di Malunda, Ditandu 5 Km Demi Dapat Pelayananan Medis

Ibu hamil di Malunda Majene terpaksa ditandu sejauh lima km menyusuri hutan dan jalan rusak demi mencapai Puskesmas terdekat.

ISTIMEWA
Ibu hamil di Malunda Majene terpaksa ditandu sejauh lima km menyusuri hutan dan jalan rusak demi mencapai Puskesmas terdekat. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE -- Perjuangan berat dialami Jasmiati, warga usun Rattelembong, Desa Saluhatungan, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Untuk mendapatkan pelayanan medis, Ibu ini terpaksa ditandu sejauh lima km menyusuri hutan dan jalan rusak demi mencapai Puskesmas terdekat.

Perjuangan sempat viral di media sosial  karena diabadikan warga saat menandu ibu hamil secara bergantian menggunakan sarung dan sebatang bambu.

Kejadiannya tepatnya pada Minggu (15/2/2021) lalu. Nurdin kakak dari pasien saat ditemui tribun di Rumah Sakit Umum Daerah Majene, menceritakan adiknya ditandu karena butuh pelayanan medis usai melahirkan.

Awalnya Jasmiati saat itu melahirkan di rumahnya tanpa bantuan medis. Namun saat melahirkan bayinya, plesenta atau ari ari tidak keluar.

Sehingga para keluarga panik dan langsung melarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan medis di Puskesmas terdekat.

Untuk mencapai Puskesmas, mer kabharus melewati tiga desa yaitu Desa Lombang, Lombang Timur dan Kayuangi.

Karena akses  untuk masuk di kampung nya sulit dilewati kendaraan roda empat.

"Mulai berangkat jam delapan pagi tiba di Desa Lombang jam 12 siang," kata Nurdin, Senin (15/2/2021)

Setiba di Desa Lombang, mereka baru bisa mendapatkan kendaraan roda empat. Awalnya dibantu dari relawan, setelah itu diantar menggunakan mobil Polisi menuju Puskesmas.

"Sebenarnya kalau sampai ke Puskesmas dari kampung kami ada 11 Km. Untung ada kendaraan polisi yang mengantar kami ke Puskesmas," tuturnya.

Untuk bayinya kata Nurdin lahir dengan selamat. Sementara ibu bayi ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Majene setelah dirujuk dari Puskesmas Malunda.(*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved