Breaking News:

Tribun Bone

Catut Nama Kasi Pidsus Bone untuk Memeras Kades, Oknum LSM di Bone Diamankan

Andi Alamsyah mengatakan pelaku AS ini mencatut nama Kasi Pidsus Kejari Bone, Andi Kurnia untuk melakukan pemerasan.

TRIBUN TIMUR/KASWADI
Oknum LSM, AS yang diamankan oleh Kejari Bone, Selasa (16/2/2021). 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengamankan seorang oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Bone, Selasa (16/2/2021).

Oknum LSM yang diamankan inisial AS. Ia diduga memeras seorang kepala desa di Kecamatan Kajuara. Pelaku AS diringkus di Kompleks Pasar Sentral Palakka.

Kasi Intel Kejari Bone, Andi Alamsyah mengatakan pelaku AS ini mencatut nama Kasi Pidsus Kejari Bone, Andi Kurnia untuk melakukan pemerasan.

"Kami dapat laporan dari warga bahwa ada oknum LSM meminta uang Rp 10 juta kepada kepala desa. Oknum LSM, AS ini meminta uang disuruh oleh Kasi Pidsus Bone," katanya.

Kasus ini, kata Andi Alam, terungkap setelah kepala desa melapor. Awalnya pelaku meminta uang Rp 10 juta. Namun, hanya Rp 5 juta diberikan.

Lalu pelaku kemudian meminta lagi Rp 5 juta, tetapi kepala desa hanya menyanggupi Rp 1 juta dan bersedia menyerahkan di Kompleks Pasar Palakka.

"Saat kami mendatangi TKP, kami berhasil mengamankan terduga pelaku beserta barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 1 juta terbungkus amplop dalam penguasaan pelaku," tuturnya.

Kasi Pidsus, Andi Kurnia mengaku kesal dengan adanya oknum LSM yang mencatut namanya. Apa lagi meminta uang.

"Yang buat saya kesal, katanya saya yang suruh minta uang ke kepala desa, karena katanya saya mau pindah dan mau ke Makassar," kesalnya.

Ia mengatakan, AS tidak pernah memasukkan laporan di kejaksaan. 

"Dia buat laporan sendiri kemudian mengatasnamakan Kejaksaan, Kasi Pidsus. Pelaku mengaku kasus bisa diselesaikan dengan hanya tanda tangan," terang Andi Kurnia.

Sementara AS, oknum LSM tersebut mengaku meminta uang ke kepala desa di Kecamatan Kajuara. Namun, ia membantah mencatut nama Kasi Pidsus Kejari Bone.

"Saya akui meminta uang, tapi tidak mengatasnamakan Kasi Pidsus. Saya ini kenal baik dengan pak Desa, saya tidak menyangka dia kasi begini saya," akunya.

AS kini telah diamankan di Mapolres Bone. Penyidik Polres Bone masih melakukan pendalaman terkait kasus ini.

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved