Breaking News:

Tribun Mamuju

217 Nakes di Kabupaten Mamuju Batal Divaksin

Sebanyak 217 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) batal di vaksin corona.

ist
Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Alamsyah Thamrin 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Sebanyak 217 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) batal di vaksin corona.

Dari 217 nakes batal divakasi terdari, 14 orang PKM Buttuada, 89 orang PKM Rangas, 8 orang PKM Binanga, 26 orang RS Bhayangkara, 43 orang PKM Tampa Padang.

5 orang PKM Tapalang, 8 orang PKM Botteng, 5 orang PKM Bambu, 9 orang PKM Topore, 7 orang PKM Tarailu dan 3 orang PKM Tommo.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju, Alamsyah Thamrin mengatakan hal itu dipengaruhi beberapa faktor.

"Kendalan ada beberapa nakes memilik penyakit lain, seperti hipertensi dan penyakit bawaan lainnya yang memang tidak bisa divaksin,"kata Alamsyah ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (16/2/2021).

Kemudian, beberapa nakes ada yang sementara hamil dan menyusui sehingga tidak dapat divaksin.

"Itu sesuai petunjuk dari kementerian bahwa ibu hamil dan menyusui tidak dapat divaksin, kecuali jika ada nanti petunjuk baru,"ujarnya.

Dia mengungkapkan dari 217 nakes yang batal divaksin dikarenakan banyak yang baru sembuh dari Covid-19.

"Banyak yang baru selesai terpapar Covid-19, petunjuk pemberian vaksin dari Kementerian Kesehatan bagi penyintas itu, nanti tiga bulan pascasembuh baru dapat divaksin,"jelasnya.

Dia mencontohkan di RSU Regional Sulbar. Banyak nakes dan dokter yang menjadi penyintas sehingga secara otomatis tidak memenuhi syarat untuk divaksin.

"Sama kasusnya di Puskesman Beru-beru Kecamatan Kalukku, itu lebih dari 30 nakes batal divaksin karena belum sampai tiga bulan setelah sembuh dari Covid-19,"katanya.

Dikatakan, adapun nakes yang batal divaksin pada tahap pertama karena beberapa faktor termasuk belum cukup tiga bulan pasca sembuh dari Covid-19, dijadwalkan akan divaksin pada tahap kedua.

Alamsyah menyebutkan target nakes yang akan divaksin di Kabupaten Mamuju sebanyak 2.645 orang. Sementara yang baru menerima vaksin 902 orang.(tribun-timur.com).

Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved