Breaking News:

Pertukaran Mahasiswa

Unhas Sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa di Universitas Saga Jepang

Penjelasan mengenai exchange program disampaikan secara lebih detail oleh Sekretaris KUI, Nurul Ichsani.

Unhas
Unhas melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar sosialisasi bertajuk Info Session: Saga University Exchange Program (SPACE) Fall 2021 Jumat (12/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar sosialisasi bertajuk Info Session: Saga University Exchange Program (SPACE) Fall 2021, Jumat (12/2/2021).

Kepala KUI Karmila Mokoginta, mengatakan bahwa pelaksanaan ini bertujuan memberikan informasi mengenai program kerja sama Unhas dan Saga University, Jepang melalui pertukaran mahasiswa.

"Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa yang tertarik dapat mengikuti dan telah mengetahui secara jelas terkait exchange program yang ditawarkan," harapnya via rilis.

Penjelasan mengenai exchange program disampaikan secara lebih detail oleh Sekretaris KUI, Nurul Ichsani.

Dijelaskannya bahwa Saga University Exchange program menawarkan 6 pilihan kategori.

Salah satunya program Space-E yang dalam pelaksanaannya menggunakan bahasa Inggris dan dikhususkan untuk mahasiswa sarjana.

Sementara General Exchange Student diikuti mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang dapat mengambil hampir semua mata pelajaran dalam bahasa Jepang.

Juga ada Space - Arita yang nantinya mahasiswa mendapatkan pelajaran dalam bahasa Inggris.

Program ini hanya untuk mahasiswa sarjana dan difokuskan pada bidang produksi porselen.

"Tidak hanya itu ada juga program Space-Econ, Space-SE dan program yang khusus melakukan riset. Setiap program yang ditawarkan memiliki sistem dan kriteria tertentu dengan dua tahapan awal yakni sistem nominasi yang dilakukan oleh Unhas dalam hal ini pihak KUI pada 1 April 2021, setelah dinominasikan kemudian mengirimkan dokumen terkait dari mahasiswa selambat lambatnya 15 April," jelas Nurul.

Terkait persyaratan, Nurul menyampaikan pelamar harus terdaftar sebagai mahasiswa sarjana ataupun pascasarjana di Universitas asal yang telah melakukan kerja sama dengan Saga University.

Untuk 6 program yang tersedia ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi, misalnya bagi pelamar Space-E yang harus menyelesaikan setidaknya dua tahun studi di institusi asal.

Pelamar untuk program research student sebelumnya telah menghubungi profesor dari Universitas Saga dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan dosen.

Bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti program tersebut dan ingin mengetahui secara mendetail dapat melihat di website http://www.irdc.saga-u.ac.jp/en/interest/space.html atau mengunjungi langsung Kantor Urusan Internasional Unhas yang berada di Lt.6 Gedung Rektorat Unhas.

Penulis: Rudi Salam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved