Breaking News:

VIDEO: Serangan Drone di Arab Saudi, Pesawat Penumpang Jadi Korban

Pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas pesawat yang terbakar di Arab Saudi

Tangkapan layar youtube
Pesawat Penumpang Terkena Serangan Drone di Arab Saudi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebuah pesawat penumpang dilalap api di Arab Saudi setelah sebuah bandara menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak. Pemberontak Houthi Yaman sudah mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Televisi pemerintah kerajaan Arab Saudi melaporkan serangan menargetkan Bandara Internasional Abha di barat daya negara kaya minyak tersebut. Akibatnya pesawat penumpang di landasan terbakar.

Pengakuan dari Houthi muncul segera setelah serangan itu terjadi.

Juru bicara militer Yehia Sareai menyatakan empat drone bermuatan bom digunakan untuk menargetkan bandara Abha oleh kelompok pemberontak.

"Penargetan ini datang sebagai tanggapan atas pemboman udara yang terus berlanjut dan pengepungan brutal di negara kami," kata Sareai mengutip Daily Mail.

Dia menekankan Houthi menganggap bandara itu sebagai sasaran kepada pihak militer bukan sipil.

Tidak ada yang terluka dalam serangan, Rabu (10/2/2021). Tetapi dampaknya diyakini meningkatkan ancaman perang Yaman. Pesawat penumpang yang rusak di bandara Abha juga menjadi pengingat yang kuat akan bahaya yang bisa ditimbulkan pemberontak Houthi ke Arab Saudi.

Houthi sebelumnya menabrakkan drone ke baterai Rudal Patriot milik kerajaan tersebut. Kejadian terbaru pada Minggu (7/2/2021), ketika koalisi mengatakan mereka mencegat lima drone 'jebakan'.

Serangan Rabu (10/2/2021), merupakan yang pertama dilaporkan merusak sebuah pesawat sipil di fasilitas tersebut.

Situs web pelacakan penerbangan menunjukkan sejumlah penerbangan yang dijadwalkan lepas landas atau mendarat di bandara Abha tertunda dan dibatalkan.

Setidaknya dua Airbus A320 yang diterbangkan oleh Saudia, maskapai berbendera kerajaan, berada di landasan bandara Abha pada Rabu sore (10/2/2021), menurut situs web pelacakan penerbangan FlightRadar24.com.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com 
 
 
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved