Breaking News:

Bupati Maros Resmikan 3 Gedung Baru di RSUD Salewangang

Peresmian dilakukan tepat sepekan sebelum Hatta mengakhiri jabatannya sebagai Bupati Maros dua periode. 

Humas Pemkab Maros
Bupati Maros Hatta Rahman saat meresmikan 3 gedung baru di RSUD Salewangang 

TRIBUNMAROS.COM, TURIKALE — Bupati Maros, Hatta Rahman, meresmikan tiga gedung baru di RSUD Salewangang, Kecamatan Turikale, Rabu (10/2/2021).

Peresmian dilakukan tepat sepekan sebelum Hatta mengakhiri jabatannya sebagai Bupati Maros dua periode. 

Tiga gedung baru yang diresmikan yakni gedung tiga lantai, gedung Central Sterile Supply Department (CSSD), dan gedung Laundry. 

Gedung ini masing-masing, memiliki fungsi berbeda. 

Menurut Direktur RSUD Salewangan dr. Fitriani, gedung tiga lantai ini, merupakan gedung yang dibangun sejak 2017 sampai 2020, dengan rincian, lantai 1 digunakan untuk instalasi laboratorium dan radiologi.

Lantai 2 digunakan untuk ruang operasi, ruang recovery pasca operasi dan ruang ICU/PICU. “Ruang operasi ada empat buah dengan rincian 1 kamar untuk bedah minor, 2 kamar untuk bedah umum dan 1 kamar untuk bedah mayor,” ujar dr. Fitri. 

Sementara, lantai 3 digunakan untuk ruang perawatan kelas 1, 2 dan 3 dengan kapasitas tempat tidur mencapai 50 buah. 

Sedangkan, gedung CSSD berfungsi sebagai instalasi yang melayani pelayanan sterilisasi, dengan fasilitas untuk menerima, mendisinfeksi, membersihkan, mengemas, mensterilkan, menyimpan, dan mendistribusikan alat-alat.

Baik yang dapat dipakai berulang kali, maupun sekali pakai sesuai dengan standar prosedur. 

“Kalau untuk gedung laundry dibangun tahun 2020 yang berfungsi sebagai pelayanan yang menyediakan tempat pencucian dan pengelolaan linen sehingga menghasilkan linen yang bebas kuman, bersih dan rapi,” ujar dr. Firtri.

Sementara, Hatta Rahman mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana rumah sakit ini, sebagai wujud komitmen pemerintah daerah, untuk senantiasa mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik.

 “Ini juga untuk menjawab tantangan kebutuhan pelayananyang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini," katanya

"Kedepan kita berharap usaha dan kerja keras untuk meningkatkan pelayanan khususnya dalam hal manajemen rumah sakit karena masih banyak hal yang mesti dibenahi,” sambungnya

Hatta menyebut, anggaran pembangunan gedung ini menelan biaya mencapai Rp62 Miliar karena gedung ini dibangun sesuai persyaratan teknis bangunan berdasarkan Permenkes 24 tahun 2016.

 “Karena gedung rumah sakit memiliki standar sendiri dalam pembangunannya sehingg menelan biaya hingga tiga kali lipat dibanding gedung - gedung kantor lain,” pungkas Hatta.

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved