Breaking News:

Top Inovasi 99, Buah Sabar Direplikasi Warga Takalar

terobosan ini sebagai salah satu upaya agar masyarakat tetap hidup sehat dan bersih secara mandiri meskipun berada di tengah pandemi.  

TRIBUN TIMUR/SAYYID
Tim Penggerak PKK Takalar Hj Irma Andriani, meresmikan Pembuangan Limbah Sederhana dan Bermanfaat (Buah Sabar), di Dusun Sapiria Desa Kalenna Bontomangape Kecamatan Galesong, KabupatenTakalar, Senin (8/2/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR - Ketua Tim Penggerak PKK Takalar Hj Irma Andriani, meresmikan Pembuangan Limbah Sederhana dan Bermanfaat (Buah Sabar), di Dusun Sapiria Desa Kalenna Bontomangape Kecamatan Galesong, KabupatenTakalar, Senin (8/2/2021).

Inovasi Buah Sabar ini dibuat oleh Pemerintah Desa Kalenna Bontomangape bekerjasam UPT, Puskesmas Bontomangape. 

Hj Irma Andriani mengatakan, bahwa terobosan ini sebagai salah satu upaya agar masyarakat tetap hidup sehat dan bersih secara mandiri meskipun berada di tengah pandemi.  

Inovasi Buah sabar ini telah terseleksi ke dalam 99 top inovasi di Indonesia pada tahun 2018 lalu. 

"Sudah saatnya inovasi 'Buah Sabar' dari desa Surulangi di Polsel ini direplikasi oleh seluruh desa dan kelurahan. Dan PKM Bulukunyi yang merupakan replikasi pertama dari Buah Sabar.  Kita apresiasi desa kalena bontomangape karena mencoba menerapkan inovasi ini secara mandiri," katanya. 

Dirinya juga mengimbau agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kesehatan serta meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Dia berharap inovasi 'Buah Sabar' ini bisa diaplikasi oleh semua warga Takalar dalam rangka mewujudkan Takalar yang sehat, bersih, aman dan nyaman.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar dr. Hj Rahmawati, menjelaskan bahwa peresmian inovasi "Buah Sabar" ini sebagai rangkaian dari Hari Jadi ke-61 Kabupaten Takalar.

"Sudah Ada 5 titik pembuatan limbah di Dusun Sapiria dan akan ditambah lagi titiknya sehingga masyarakat dapat tetap hidup sehat. Tentunya dengan pembuatan limbah ini, banyak masyarakat yang merasa senang karena lingkungannya menjadi bersih sehingga dapat hidup dengan bersih dan nyaman," jelasnya. 

Sementara itu, Pj Desa Kalenna Bontomangape Jalaluddin, mengatakan, bahwa Inovasi Replikasi pembuangan air limbah ini adalah sebuah sistem yang diterapkan kepada masyarakat khususnya di Desa Kalenna Bontomangape.

Apalagi, katanya, dimusim hujan saat ini kadang air limbah masyarakat tergenang. Namun dengan adanya replika inovasi ini air limbah masyarakat ditampung dalam suatu wadah.

Kata dia, masyarakat sangat merasakan manfaatnya dari pembuatan saluran limbah ini karena air dari saluran pembuangan limbah masyarakat terpusat disatu tempat dan tidak mengalir kemana-mana sehingga pekarangan rumah tetap kering serta bersih dan kotoran dari sisa-sisa makanan tidak berhamburan dan bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Dalam kesempatan tersebut ketua forum kabupaten sehat bersama tim pembina KKS  Takalar juga memberikan ucapan selamat Hari Jadi Kabupaten Takalar ke-61.

Serta, mengiringinya dengan doa dan harapan agar Takalar menjadi kabupaten yang unggul, kreatif dan inovatif.

Peresmian dihadiri Kepala Puskesmas Kalenna Bontomangape, Kepala Desa Kalenna Bontomangape, Ketua BPD, Babinkamtibmas, para Kader kesehatan, Kepala Dusun Sapiria, Tokoh Masyarakat serta Masyarakat setempat.

Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved