Breaking News:

Wabup Luwu Timur Resmikan Street Food Petahineando Towuti

Pujasera ini adalah Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT Vale Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur.

TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) Petahineando atau Street Food kini hadir Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pemanfaatannya diresmikan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Minggu (7/2/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI -  Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) Petahineando atau Street Food kini hadir Kecamatan Towuti, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pemanfaatan pujasera untuk menunjang perekonomian masyarakat ini diresmikan Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, Minggu (7/2/2021).

Pujasera ini adalah Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) PT Vale Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur.

Jalannya program PKPM PT Vale ini difokuskan untuk masyarakat di empat kecamatan wilayah pemberdayaan PT Vale Indonesia.

Irwan mengapresiasi PT Vale atas program PKPM Luwu Timur yang bisa berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 hingga tahun 2022.

"Nama pujasera atau street food Kecamatan Towuti adalah Petahineando yang artinya rumah atau tempat makan merupakan program PKPM pertama yang diresmikan sejak program ini bergulir,"

"Ini juga atas peran serta aktif dari masyarakat binaan BKAD di lima desa se-Kecamatan Towuti dalam pengembangan potensi ekonomi kerakyatan yang kompetitif dan berkelanjutan," kata Irwan, Senin (8/2/2021).

Diharapkan, pujasera meningkatkan sumber ekonomi masyarakat sekitarnya dan sekaligus sebagai salah satu destinasi wisata di Luwu Timur.

Ia juga meminta pihak BUMdes sebagai pengelola agar fasilitas ini dikelola dan dijaga dengan sebaik mungkin supaya roda ekonomi masyarakat sekitar tetap berputar dan beregenerasi secara terus menerus.

PKPM menerapkan prinsip partisipatif, kemandirian, akuntabilitas, keterpaduan, dan keberpihakan terhadap masyarakat. PKPM bertujuan meningkatkan kapasitas produksi, daya saing, nilai tambah dan kemandirian ekonomi masyarakat di wilayah terdampak operasi.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved