Breaking News:

Tribun Mamasa

594 Rumah Warga di Mamasa Terdampak Gempa Majene 6,2 SR

Gempa 6,2 SR yang mengguncang wilayah Sulawesi Barat, pada juga berdampak terhadap dua kecamatan di Kabupaten Mamasa

TRIBUN-TIMUR.COM/SEMUEL
Kepala BPBD Mamasa, Labora Tandipuang 

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Gempa 6,2 SR yang mengguncang wilayah Sulawesi Barat, pada juga berdampak terhadap dua kecamatan di Kabupaten Mamasa, yakni Kecamatan Aralle dan Tabulahan.

Dari data yang dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamasa, sedikitnya 594 rumah warga yang mengalami kerusakan.

Kepala BPBD Mamasa, Labora Tandipuang menjelaskan, pasca gempa yang mengguncang wilayah Sulbar beberapa pekan lalu, pihaknya melakukan pendataan rumah warga yang terdampak.

"Berdasarkan perintah BNPB Pusat, kami melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terdampak gempa," kata Labora, Senin (8/2/2021) siang tadi.

Dia menyebut, terdapat 594 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa, terdiri dari rusak berat 56 unit, rusak sedang 98, dan rusak ringan 440 unit.

Pendataan rumah warga yang terdampak gempa kata dia, menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo, dengan harapan rumah warga yang terdampak akan mendapat bantuan perumahan.

"Intinya kita mendata saja dulu, akan dikalkulasi apa saja yang sangat prioritas untuk korban gempa," bebernya.

Labora Tandipuang lanjut menjelaskan, sebagai upaya tanggap darurat pasca gempa, pihaknya telah menyalurkan bantuan makanan kepada warga yang terdampak gempa.

"Kami langsung bertindak cepat, pertama kita telah menyalurkan bantuan dari provinsi,  untuk warga yang berdampak," katanya lanjut.

Dia menambahkan, terkait data kerusakan rumah yang terdampak gempa, masih berpotensi mengalami perubahan.

Sebab data sementara, hanya ada dua kecamatan yang sempat didata.

"Untuk kecamatan lain belum dilakukan pendataan," pungkasnya.

Ditanya terkait adanya satu kampung di Kecamatan Aralle yang sudah tidak layak dihuni akibat mengalami retakan parah,  Labora mengaku belum menerima laporan.

Laporan wartawan @sammy_rexta

Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved