Breaking News:

Tribun Gowa

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Gowa Diharap Jadi Terbaik di Tingkat Nasional

Wakil Bupati Gowa membuka Bimtek Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020

Pemkab Gowa
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (322021) kemarin 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat membuka Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2020 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (3/2/2021) kemarin. 

Dia mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Gowa telah berjalan sesuai dengan semangat perubahan, berdasarkan paradigma baru yang berkembang yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang berazaskan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas. 

"Tahun terakhir, penetapan peringkat kinerja oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten gowa berada pada peringkat 3, sedangkan pemerintah pusat mengapresiasi dengan peringkat 21 secara nasional dengan skor 3,2412 pada hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2017," kata Abd Rauf Malaganni.

Walaupun nilai Kabupaten Gowa sudah termasuk dalam kategori sangat tinggi. 

Namun, orang nomor dua di Gowa ini, menyebutkan bahwa masih terdapat selisih beberapa angka dari peringkat pertama nasional.  

Kata Karaeng Kio, sapaan akrab Abd Rauf, hal ini menjadi sangat penting untuk menyamakan persepsi para pimpinan SKPD masing-masing penanggungjawab urusan untuk menyediakan data indikator yang lebih berkualitas dan maksimal.

"LPPD ini merupakan dasar evaluasi pemerintah terhadap pelaksanaan pemerintahan daerah sekaligus sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah," ujarnya. 

Ia berharap penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Gowa bisa bersaing dengan Kabupaten atau kota lainnya yang ada di Indonesia bahkan menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

"Dengan pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini dapat menjadi bahan bagi setiap SKPD penanggung jawab urusan dapat menyesuaikan kembali data indikator kinerja outcome dan indikator kinerja output yang telah dimasukkan sehingga nilai capaian LPPD Kabupaten Gowa mampu bersaing dengan kabupaten lainnya dan Kabupaten Gowa mampu bersaing meraih peringkat terbaik pada tingkat nasional," harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulawesi Selatan, Andi Aslam Patonangi. 

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved