Breaking News:

Gempa Sulbar

Pasca Gempa, Kopel Desak Perubahan APBD 2021 Mamuju dan Majene Segera Terlaksana

Komite Pemantau Legislatif (Kopel) mendesak APBD Perubahan 2021 untuk Kabupaten Mamuju dan Majene.

Dok Kopel
Garfik Analisis Kopel Indonesia (Dok. Kopel) 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA- Komite Pemantau Legislatif (Kopel) mendesak APBD Perubahan 2021 untuk Kabupaten Mamuju dan Majene.

Ketua Yayasan KOPEL Indonesia, Herman mendesak hal itu kepada pihak eksekutif dan legislatif di dua kabupaten tersebut untuk melakukan pemulihan pasa gempa bumi di Mamuju dan Majene Provinsi Sulawesi Barat 14 dan 15 Januari 2021 lalu.

Yang hingga kini masih menyisakan berbagai masalah.

Dalam masa tanggap darurat, baik penyelamatan/Search And Rescue (SAR), bantuan darurat dan pengungsian hingga kini masih terus dilakukan.

Sementara fasilitas publik, infrastruktur yang rusak akibat gempa juga segera membutuhkan tindakan perbaikan pemulihan/recovery, rehabilitasi dan rekonstruksi dari pemerintah daerah.

Melihat kondisi tersebut, selama masa tanggap darurat hingga memasuki tahap pemulihan pasca bencana, Kopel Indonesia mendesak agar Pemerintah Daerah, khususnya daerah terdampak bencana Majene dan Mamuju agar segera melakukan perubahan APBD 2021 bersama DPRD.

Desakan ini bagi Kopel  harus segera dilakukan tanpa perlu menunggu siklus APBD Perubahan  tengah tahun anggaran Juni-Agustus 2021 mendatang.

"Ini keadaan darurat. Tidak boleh pemerintah berdiam diri membiarkan infrastruktur dan fasilitas publik terbengkalai hanya karena tidak dialokasikan dalam APBD, demikian pula dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang terdampak bencana,",kata Herman, Kamis (4/2/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, atas bencana Sulbar, Herman Ketua Yayasan Kopel Indonesia mengajak kepada kelompok-kelompk masyarakat sipil untuk melakukan advokasi di level kebijakan.

Asumsi-asumsi awal dalam kebijakan umum anggaran dan penyusunan APBD 2021 bulan yang lalu tidak lagi sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini.

Halaman
123
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved