Breaking News:

Gempa Sulbar

Tim Dokter Hewan Selamatkan 122 Kucing Terdampak Gempa di Mamuju

PDHI Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulbar) selamatkan ratusan kucing yang terdampak gempa Sulbar.

ISTIMEWA
Tim dokter hewan lakukan perawatan terhadap kucing peliharaan yang mengalami luka-luka akibat tertimpah reruntuhan saat gempa Sulbar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Gempa bumi magnitudo 6.2 SR yang mengguncang Majene dan Mamuju tak hanya berdampak pada kondisi psikis dan kesehatan manusia, tapi juga berdampak besar terhadap hewan perliharaan.

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulbar) selamatkan ratusan kucing yang terdampak gempa.

Koordinator klinik kesehatan hewan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ( PDHI ) Sulbar dan Sulsel, drh. Muchammad Achsinul Fikri Ma’ruf mengatakan, hingga hari ke-19 pasca gempa Mamuju dan Majene, tim relawan dari dokter hewan sudah menyelamatkan 122 hewan peliharaan kucing dari berbagai jenis.

"Hewan kucing yang mendapatkan perawatan rata – rata mengalami trauma psikis akibat gempa, sehingga kebanyakan mengalami muntah, diare dan ketakutan,"kata drh Muchammad Achsinul Fikri Ma'ruf kepada wartawan di Mamuju, Rabu (3/2/2021).

Selain itu kata dia, beberapa kucing ada yang mendapatkan tindakan operasi oleh dokter karena luka dan patah akibat tertimpa reruntuhan.

Selain mengobati hewan peliharaan kucing, tim relawan ini juga membuka pelayanan kesehatan terhadap burung dan anjing.

"Dan klinik hewan yang terdampak gempa ini, dibantu oleh sejumlah relawan pecinta kucing seperti kitabisa.com /hewanterdampakbencana, Cat Lover Sulawesi Tengah dan Makassar Pet Clinic,"ujarnya.

Dikatakan, pada hari kedua pasca gempa, pihaknya langsung membuka broadcast soal penanganan hewan kucing yang terdampak gempa.

"Dan saat itu juga, banyak warga pecinta kucing yang datang langsung membawa kucingnya untuk dilakukan penanganan pengobatan bahkan ada tindakan operasi,"katanya.

Selain itu dilakukan pengobatan, kata Fikri, tim relawan juga melakukan street feeding. artinya, tim relawan langsung memantau rumah-rumah warga yang ditinggal penghuninya sementara kucing peliharaannya terjebak didalam rumah.

"Kami membantu memasukkan makanan agar kucing bisa makan,"ucapnya.

Selain bisa memberikan pengobatan terhadap hewan peliharaan kucing yang terdampak gempa bumi, tim relawan dokter hewan ini juga memberikan makan kucing secara gratis baik dalam bentuk kering maupun basah.

"Sampai saat ini makanan kucing yang sudah tersalur secara gratis sudah mencapai 1,3 ton. Makanan kucing ini kami kumpul dari sejumlah donasi khususnya para pecinta kucing,"tuturnya. (tribun-timur.com)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved