Breaking News:

Musrenbang Kecamatan 2022 Serentak Dibuka, Bupati Wajo Ingatkan 3 Program Prioritas

Program ini mengagendakan akselerasi peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan

TRIBUN TIMUR/HARDIANSYAH
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kabupaten Wajo dibuka secara resmi Bupati Wajo, Amran Mahmud di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin, (1/2/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kabupaten Wajo dibuka secara resmi Bupati Wajo, Amran Mahmud di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin, (1/2/2021).

Musrenbang Kecamatan 2022 bertema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Daya Saing Daerah” dipusatkan di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo demi efektifitas dan efisiensi.

"Setelah hari ini dibuka secara tepusat, maka setiap kecamatan bisa langsung memulai kegiatan musrenbang sesuai jadwal dari Bappelitbangda jika semua stake holder sudah lengkap" kata Amran Mahmud.

Berdasarkan RPJMD Kabupaten Wajo 2019-2024, ada 3 program prioritas pembangunan 2022. Pertama, pembangunan infrastruktur yang terpadu dan berwawasan  lingkungan.

“Melalui program prioritas ini, kita menargetkan terjadi peningkatan manajemen dan kualitas infrastruktur jalan dan jembatan serta perhubungan. Demikian pula dengan tutupan lahan dan tata kelola persampahan dan limbah di Kabupaten Wajo dapat lebih baik lagi,” kata Amran.

Program prioritas kedua, adalah peningkatan kualitas SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Program ini mengagendakan akselerasi peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, termasuk sarana dan prasarana di dalamnya.

“Kita juga perlu mempercepat pemenuhan standar pelayanan minimal yang merupakan pelayanan dasar bagi masyarakat kita. Kapasitas aparat kita khususnya dalam perencanaan, pelaporan dan evaluasi perlu ditingkatkan agar sistem perencanaan Kabupaten Wajo menjadi lebih berkualitas,” katanya.

Program prioritas ketiga adalah akselerasi pemulihan ekonomi kerakyatan. Program ini adalah akselerasi melalui peningkatan produksi dan produktivitas komoditi pertanian, peningkatan sarana dan prasarana berusaha serta keterampilan masyarakat, serta penanggulangan beban hidup lapisan masyarakat miskin.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved