Breaking News:

Gempa Sulbar

Chinook BNPB Kembali Daratkan 8 Ton Bantuan Korban Gempa Sulbar di Ulumanda

BNPB kembali menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak gempa di Sulawesi Barat dengan sasaran desa desa terisolir

ISTIMEWA
Chinook BNPB Kembali Daratkan 8 Ton Bantuan Terdampak Gempa di Ulumanda 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak gempa di Sulawesi Barat.

Bantuan distribusikan seberat  8 ton  menggunakan Helikopter berjenis Chinook dengan sasaran desa desa terisolir yang sulit dijangkau lewat darat

Yaitu, Desa Kalobang dan Lemo-lemo, di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Dr Raditya Jati.

Distribusi melalui Chinook berlangsung pada hari ini, Jumat (29/1) dari Bandar Udara Tampa Padang.

Setelah menunggu cuaca kondusif, helikopter berbadan besar dengan dua baling-baling akhirnya terbang dengan mengangkut muatan hingga 4 ton.

Pendistribusian bantuan menggunakan teknik _precision long line_ atau menggantungkan bantuan dengan tali sepanjang beberapa meter.

Ketika bantuan telah menyentuh tanah, pengait dilepas oleh tiga petugas Satuan Tugas (Satgas) TNI AU yang sudah bersiap. Dengan sigap setelah bantuan dikeluarkan dari jaring, petugas kembali mengaitkan ke tali yang dibawa Chinook.

Pengiriman bantuan yang dilakukan pertama kali ditujukan ke Desa Kalobang yang memang terisolir pascagempa. Selanjutnya Chinook kembali ke Bandar Udara Tampa Padang untuk mengangkut bantuan berikutnya.

Tanpa harus mendarat, helikopter tetap berputar di udara. Personel Satgas TNI AU yang sigap kembali mengaitkan bantuan seberat 4 ton ke tali. Sekejap helikopter Chinook mengudara dan menghilang dari pandangan mata.

Halaman
12
Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved