Breaking News:

Gempa Sulbar

Tiga Menteri Jokowi Kunjungi Korban Gempa di Malunda Majene

Tiga Menteri Kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pengungsi di Desa Sulai, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

BNPB
Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berkunjung ke Sulbar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE --Tiga Menteri Kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi pengungsi di Desa Sulai, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Mereka di antaranya Muhajir Efendy Menko PMK, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri (PPPA) serta Tri Rismaharini Menteri Sosial RI.

Rombongan Menteri datang menggunakan Helikopter bertolak dari Bandara Tampapadang Mamuju, pada Kamis 28 Januari 2021 kemarin.

Kedatangan tiga menteri Presiden Jokowi tersebut merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah pusat dengan melihat kondisi langsung masyarakat pengungsi terdampak gempa.

Rombongan Menteri bersama Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, tiba di Malunda sekira pukul 11.45 Wita.

Kedatangan mereka disambut langsung Bupati Majene Lukman, Dandim 1401 Majene, Wakapolres, serta beberapa pimpinan OPD Kabupaten Majene.

Setibanya di lokasi, rombongan di sambut baik para pengungsi yang sejak tadi pagi menunggu. Ketiga Menteri tersebut juga menyapa masyarakat dan berbincang-bincang dengan ibu ibu pengungsi.

Bahkan terlihat Muhajir Efendy menggendong bayi di tenda pengungsi. Sementara itu di lokasi pengungsian, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Menteri (PPPA)  membagikan bantuan dan masker sekaligus memberi semangat kepada para pengungsi.

Meski tidak meninjau keseluruhan wilayah pengungsian gempa, Menteri Koordinator PMK Muhajir Efendy menilai di beberapa titik pengungsian di Kecamata Malunda terutama di Desa Sulai dinilai cukup baik.

Dimana ada pemisahan yang dilakukan terutama masalah ibu dan anak, tempat menyusui, ruang bayi, perempuan manula.

"Yang utama disini memberikan jaminan untuk perempuan dan anak,  ini sangat rentan dengan akibat gempa, terutama ibu hamil lalu melahirkan” kata Menteri Koordinator PMK Muhajir Efendy.

Hal senada juga disampaikan Menteri Sosial Tri Risma Harini, ia mengharapkan semua Ibu hamil yg ada di gunung d susah akses jalan  agar dijemput dengan Helikopter oleh BNPB.

Selain itu mantan Walikota Surabaya tersebut meminta agar Bupati Majene bersurat ke Menteri PUPR untuk perbaikan jalan ruas di Ulumanda.

"Tolong Pak Bupati Majene bersurat ke Menteri PU PR untuk perbaikan jalan ruas Ulumanda “ ucapnya.

Sementara itu, Risma juga terlibat dalam kegiatan trauma healing bagi anak anak di tenda pengungsian. Meski tidak berlangsung lama, namun anak anak pengungsi terlihat senang dengan kedatangan Menteri Risma. (*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved