Breaking News:

Kekurangan Zat Besi Ancam Kemampuan Belajar Anak Indonesia

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 (Riskesdas) menunjukkan satu dari tigaanak balita  Indonesia mengalami anemia. 

Danone Indonesia
Ahli Gizi Ibu dan Anak, Prof Dr drg Sandra Fikawati, Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, dan Ketua HIMPAUDI Pusat, Prof Dr Ir Hj Netti Herawati MSi membahas efek kekurangan zat besi pada anak 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Data Riset Kesehatan Dasar 2018 (Riskesdas) menunjukkan satu dari tigaanak balita  Indonesia mengalami anemia. 

Data lain menunjukkan, lebih dari 40 persen anak balita di negara berkembang menderita anemia.  Bahkan, 50-60 persen kasus anemia disebabkan kekurangan zat besi.

Demikian disampaikan ahli Gizi Ibu dan Anak, Prof Dr drg Sandra Fikawati.

Menurut nya, kekurangan zat besi adalah kondisi ketika kadar ketersediaannya dalam tubuh lebih sedikit dari kebutuhan harian.

Padahal, kekurangan zat besi khususnya pada anak memiliki dampak jangka pendek maupun jangka panjang, misalnya gangguan pada perkembangan kognitif, motorik, sensorik serta perilaku dan emosi. 

Terlebih saat anak memasuki usia sekolah, kekurangan zat besi akan berdampak pada kurangnya konsentrasi dan ketidakmampuan belajar, hingga perkembangan yang tertunda.

Selain itu, bagi dia zat besi adalah salah satu mikronutrien atau sering juga dikenal sebagai vitamin dan mineral yang sangat penting untuk mendukung kemampuan belajar anak. 

“Jutaan anak mengalami pertumbuhan terhambat, keterlambatan kognitif, kekebalan yang lemah dan penyakit akibat defisiensi zat besi," katanya melalui informasi tertulisnya pada Tribun Timur, Selasa (26/1/2021).

Padahal, anak usia prasekolah membutuhkan dukungan lingkungan yang baik, terutama gizi seimbang.

Maka dari itu, orang tua harus mengetahui kebutuhan gizi, cara pemenuhannya, serta upaya perbaikan gizinya. 

Halaman
123
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved