Breaking News:

DPP Pertalindo Sulsel

Aksi Peduli Lingkungan hingga Webinar Isu-isu Lingkungan Jadi Program Kerja DPP Pertalindo Sulsel

Kegiatan Rakerprov ini dihadiri puluhan pengurus dan anggota. Hadir mewakili Dewan Pengurus Nasional (DPN) Pertalindo Ir A Yessie Nurcahyani

dok pertalindo sulsel
Pengurus DPP Perkumpulan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (Pertalindo) Sulsel Periode 2019-2022 menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) secara virtual, Rabu (27/1/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pengurus Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Perkumpulan Tenaga Ahli Lingkungan Hidup Indonesia (Pertalindo) Sulsel Periode 2019-2022 menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) secara virtual, Rabu (27/1/2021).

Rakerprov DPP Pertalindo Sulsel membahas beberapa program serta menetapkan beberapa program kerja yang akan dilakukan pengurus Periode 2019-2022.

Kegiatan Rakerprov ini dihadiri puluhan pengurus dan anggota. Tampak pula hadir mewakili Dewan Pengurus Nasional (DPN) Pertalindo Ir A Yessie Nurcahyani.

DPP Pertalindo Sulsel yang dipimpin Ketua Umum Prof Dr Ir Hazairin Zubair MS ini menetapkan tiga poin pokok dari program kerja yang akan dilakukan.

Ketiga program pokok tersebut adalah pertama pelaksanaan Webinar Bulanan, program kedua Pertalindo Bersinergi, dan ketiga Pertalindo Peduli.

“Kita berharap DPP Pertalindo Sulsel bisa ambil bagian dalam diskusi hingga aksi terkait dengan isu-isu lingkungan hidup. Paling tidak di wilayah Sulawesi Selatan,” kata Prof Hazairin yang juga Guru Besar Pertanian Unhas.

Pada Rakerprov tersebut turut hadir Prof Dr Ir Yusran Yusuf MSi IPU yang tak lain penasihat dalam kepengurusan DPP Pertalindo Sulsel.

Di kesempatan tersebut, Prof Yusran menyampaikan jika DPP Pertalindo Sulsel harus memiliki bargaining atau posisi tawar terhadap kebijakan-kebijakan tentang lingkungan hidup.

“Pertalindo paling tidak harus memiliki posisi tawar dalam kebijakan pemerintah daerah untuk kajian lingkungan. Untuk itu harus bisa bersinergi dengan dinas terkait,” kata Prof Yusran, mantan penjabat Wali Kota Makassar ini.

Dari tiga program kerja utama yang disepakati pengurus dan anggota, kemudian dijabarkan dalam program yanglebih mendetail.

Webinar bulanan diuraikan dengan Bedah Tuntas RPP UU Nomor 11 tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Bidang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Kemudian peningkatan kapasitas anggota, menggelar diskusi yang mengangkat isu-isu strategis nasional dan lokal, melakukan edukasi masyarakat dan stakeholder tentang kebijakan pengelolaan lingkungan.

Sementara itu pada program Pertalindo Bersinergi diterjemahkan dengan; Publikasi dan Diskusi Ilmiah dengan Perguruan Tinggi, Diklat dan Workshop Kompetensi, Bangun Sinergi dengan Komisi Penilai Amdal, Lingkungan untuk Kurikulum Pendidikan, serta Sinergitas.

Program kerja ketiga adalah Pertalindo Peduli yang dirincikan dengan program; Peduli Bencana Alam; Gerakan Menanam (Mangrove, Pohon, Transplantasi Terumbu Karang); Pelatihan lingkungan untuk jurnalis; Aktif memberikan pandangan terhadap isu-isu lingkungan.

Sekjen DPP Pertalindo Sulsel Ir Lalu Mas'ud Kholah MT menambahkan, pada kesempatan itu juga dibahas terkait keanggotaan organisasi DPP Pertalindo Sulsel.(*)

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved