Breaking News:

Tribun Tana Toraja

Warga Tolak Keras Eksplorasi Panas Bumi Balla di Bittuang Tana Toraja

Eksplorasi sumber daya panas bumi di Lembang (Desa) Balla, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja mendapat penolakan keras dari puluhan warga

TRIBUN-TIMUR.COM/TOMMY PASERU
Eksplorasi sumber daya panas bumi di Lembang (Desa) Balla, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja mendapat penolakan keras dari puluhan warga setempat, Sabtu (2312021).  

TRIBUNTORAJA.COM,MAKALE--Eksplorasi sumber daya panas bumi di Lembang (Desa) Balla, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja mendapat penolakan keras dari puluhan warga setempat, Sabtu (23/1/2021). 

Penolakan dilakukan dengan bersama-sama bertanda tangan disebuah spanduk yang bertuliskan 'kami menolak eksplorasi panas bumi di Balla". 

Tokoh masyarakat setempat Petrus Ramba mengatakan, penolakan dilakukan lantaran tidak adanya keterbukaan informasi kepada warga terkait eksplorasi tersebut. 

Dimana di beberapa titik sumber panas bumi terdapat tanah adat dan kebun warga. 

Sehingga mereka khawatir eksplorasi nantinya membawa dampak negatif. 

"Harusnya informasi terbuka kepada warga setempat, apalagi disitu merupakan tanah adat dan beberapa kebun warga," ungkapnya. 

Menurut Petrus, sebelumnya sosialisasi terkait eksplorasi ini telah dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Bittuang. 

Sayangnya, yang dihadirkan dalam sosialisasi tersebut bukan warga setempat atau yang memiliki tanah di dekat sumber daya panas bumi. 

"Wajib hukumnya masyarakat Lembang Balla ketahui hal ini, pemerintah sampaikan apa negatif dan apa manfaatnya," ujarnya.

Informasi yang diperoleh, eksplorasi panas bumi di Balla' sudah memasuki tahap survei. 

Namun survei yang dilakukan juga tidak diketahui oleh warga.

"Sebaiknya pihak yang terkait segera duduk bersama dengan warga, jika tidak potensi menimbulkan gangguan ditengah masyarakat," pungkasnya.(*) 

Laporan Kontributor : TribunToraja.Com,@b_u_u_r_y 

Penulis: Tommy Paseru
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved