Breaking News:

Gempa Sulbar

Pencarian Tiga Korban Gempa di Malunda Majene Dihentikan Sementara

Operasi Pencarian tiga korban gempa di Desa Mekatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), dihentikan sementara.

ISTIMEWA
Ilustrasi reruntuhan akibat gempa Sulbar - Pencarian tiga korban gempa di Desa Mekatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), dihentikan sementara. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE -- Operasi Pencarian tiga korban gempa di Desa Mekatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), dihentikan sementara.

Ketiga korban didugatertimbun reruntuhan bangunan dan material longsor akibat gempa 6,2 SR mengguncang wilayah itu pada 15 Januari 2021 lalu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Mamuju, Saidar Rahmanjaya, mengatakan  pencarian dihentikan karena kondisi lokasi sangat beresiko terjadinya longsor susulan.

"Sesuai kesepakakan dengan keluarga korban untuk pergerakan unsur sudah dihentikan sementara ke lokasi. Karena dikhawatirkan material labil dan takut terjadi apa apa," kata Saidar.

Menurutnya, tim gabungan Sar, TNI dan Kepolisian sudah melakukan pencarian selama lima hari di lokasi gempa. Bahkan sudah menurunkan anjing  pelacak di lokasi, namun pencarian belum maksimal.

Keluarga korban sendiri kata Saidar memaklumi dengan kondisi yang dihadapi oleh tim pencari dan pertolongan korban.

"Kita hentikan dulu tapi kita tetap melakukan siap siagaan untuk mengantisipasi perkembangan itu, " ujannya.

Desa Mekatta sendiri diketahui merupakan daerah perbukitan dan sangat rawan terjadinya longsor susulan jika terjadi gempa.

Berdasarkan laporan BNPB per Jumat, 22 Januari 2021 mencatat total korban gempa M6,2 Sulawesi Barat sebanyak 91 orang meninggal dunia, hilang 3, luka berat, 404, luka sedang 240, luka ringan 1.474 dan mengungsi 87.373.

Sedangkan kerusakan infrastruktur, pemerintah daerah masih terus melakukan pendataan di lapangan. (*)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved