Breaking News:

Harga Cabai Makin Pedas, DKPn Sulsel Hadirkan Gelar Cabai Murah, Ini Daftar Harganya

Dinas Ketahanan Pangan (DKPn) Sulsel mengadakan kegiatan gelar Cabai Murah (GCM) untuk atasi lonjakan harga cabai yang melonjak naik

Handover
Suasana Gelar Cabai Murah (CGM) di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), yang terletak di Jalan Ratulangi Nomor 47 Makassar 

Harga Cabai Makin Pedas, DKPn Sulsel Hadirkan Gelar Cabai Murah, Ini Daftar Harganya

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR  - Pasokan cabai di tingkat konsumen mengalami penurunan.

Mengakibatkan harga cabai terus meningkat di Kota Makassar dan sekitarnya.

Hujan yang terus turun ditengarai sebagai salah satu penyebab ketersediaan cabai terus berkurang.

Penjual cabai di Pasar Sentral Masamba, Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan
Penjual cabai di Pasar Sentral Masamba, Kelurahan Baliase, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (ist)

Pantauan Dinas Ketahanan Pangan (DKPn) Sulsel di sejumlah pasar di Kota Makassar menemukan, harga cabai rawit berada di kisaran Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram. Peningkatan harga juga terjadi pada komoditas cabai merah keriting.

Sementara komoditas lain seperti beras hingga sayur-sayuran non-cabai harganya justru cenderung stabil.

Harga cabai naik di Pasar Karisa, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Minggu (10/1/2021).
Harga cabai naik di Pasar Karisa, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Minggu (10/1/2021). (TRIBUN-TIMUR.COM/MUH RAKIB)

Guna mengatasi lonjakan itu, DKPn Sulsel mengadakan kegiatan Gelar Cabai Murah (GCM) di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), yang terletak di Jalan Ratulangi Nomor 47 Makassar. GCM berlangsung hingga 24 Januari mendatang.

Dinas Ketahanan Pangan Sulsel mengadakan Gelar Cabai Murah (GCM) di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Jalan Ratulangi Nomor 47 Makassar. 
Dinas Ketahanan Pangan Sulsel mengadakan Gelar Cabai Murah (GCM) di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Jalan Ratulangi Nomor 47 Makassar.  (TRIBUN TIMUR/SUKMAWATI)

"GCM ini sebagai jalan tengah antara petani dan konsumen. Petani tetap mendapatkan keuntungan dan di sisi lain, konsumen mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga wajar dan terjangkau," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Fitriani MP pada Kamis (21/1/2021).

Fitriani menambahkan, di GCM, cabai rawit dijual dengan harga Rp20 ribu per setengah kilogram.

Sedangkan cabai merah besar seharga Rp5.000 per seperempat kilogram.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ilham Mulyawan Indra
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved