Breaking News:

Tribun Majene

Tebing Longsor Akibat Gempa di Jalan Poros Tubo Majene Sudah Bisa Dilalui

Material yang menutupi badan jalan Poros Majene, Dusun, Belalang Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene, Kamis (14/1/2021)

ist
Material yang menutupi badan jalan Poros Majene, Dusun, Belalang Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana Kabupaten Majene, Kamis (14/1/2021), sudah bisa dilewati. 

TRIBUN - TIMUR. COM, MAJENE -- Material yang menutupi badan jalan Poros Majene, Dusun, Belalang Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene, Kamis (14/1/2021), sudah bisa dilewati.

Masyarakat bersama TNI,  dan Kepolisian bergotong royong  membersihkan  material tanah dan bebantuan yang menimbun badan jalan  menggunakan kendaraan alat berat. 

"Alhasil, pukul 17.00 wita kemarin,  Jalan Trans Sulawesi sudah bisa dilewati kendaraan, " Kata
Komandan Kodim 1401 Majene, Letkol Inf Yudi Rombe

Jalur penghubung antara Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) longsor akibat gempabumi 5,9 SR mengguncang wilayah Majene

Yudi Rombe menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun akses ini sempat melumpuhkan kendaraan dari dua arah Mamuju dan Majene

Bencana longsor di wilayah Kecamatan Malunda, manimbulkan   3 orang warga yang mengalami luka- luka.

Sekedar diketahui gempa mengungcang wilayah Majene Kamis sekitar pukul 14.30 wita kemarin

Kekuatan gempabumi ini memiliki magnitudo  5,9 SR. 

Pusat gempa terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 km arah BaratLaut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. 

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_ ).  

Guncangan gempabumi ini dirasakan hingga daerah Polewali,  IV-V MMI, Mamuju. Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun

Kemudian juga dirasakan warga Mamuju Utara dan Mamuju Tengah III-IV MMI, Toraja dan Mamasa III MMI 

Penulis: Hasan Basri
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved