Breaking News:

Banjir dan Longsor di Polman, 8 Rumah Rusak, 30 Warga Dievakuasi

Tim Rescue yang diturunkan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarna Mamuju Saidar.

TRIBUN TIMUR/HASAN BASRI
Tim Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju menurunkan enam personil ke lokasi banjir bandang dan longsor di Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar (Polman). 

TRIBUN-TIMUR.COM, POLMAN - Tim Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju menurunkan enam personil ke lokasi banjir bandang dan longsor di Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Tim Rescue yang diturunkan dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarna Mamuju Saidar. Tim yang diturunkan melakukan penyisiran daerah yang terdampak bencana.

"Tim dibagi menjadi 3 (tiga), dengan area penyisiran, Tim 1 (satu) melaksanakan penyisiran di pemukiman warga yang terdampak banjir bandang," kKata Saidar.

Tim 2 melaksanakan penyisiran di bantaran sungai, dan Tim 3  melaksanakan penyiapan tempat pengungsian
serta jalur evakuasi.

Basarnas mencatat akibat bencana ini  tidak ada korban. Namun ada  30 orang telah dievakuasi karena terkena dampak banjir dan longsor tersebut.

"Ada 5 rumah warga rusak berat dan 3 rumah rusak ringan," Tuturnya.

Saidar menghimbau kepada seluruh warga di sekitar lokasi kejadian agar sebisa mungkin, untuk sementara waktu dapat meninggalkan rumah guna menghindari longsor susulan yang  bisa saja kembali terjadi.

Ia menegaskan pelaksananaan pemantauan dan pengamanan dalam musibah banjir bandang tersebut perlu dilaksanakan secara teliti dan penuh kehati-hatian.

Hal ini berlaku untuk semua personil dan unsur yang berada dilapangan, karena segala sesuatu yang berkaitan dengan alam pasti dan akan sulit diprediksi.

Disamping itu segala kegiatan dilaksanakan secara maksimal sesuai SOP yang ada, serta tetap mengedepankan standar protokol kesehatan Covid-19.

Salain itu personil yang melaksanakan kegiatan juga harus selalu melaksanakan koordinasi dan komunikasi kepada seluruh unsur potensi SAR yang berada di Lokasi kejadian. 

Penulis: Hasan Basri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved