Breaking News:

Tribun Wajo

SPBU Sajoanging Wajo Disanksi Pertamina, Suplai Premium dan Solar Dihentikan Selama Satu Bulan

Berdasarkan hasil investigasi mandiri yang dilakukan pihak Pertamina MOR VIII Sulawesi, SPBU 74.90992 Sajoanging, terbukti bersalah.

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSAH
Penjual BBM subsidi jenis premium secara eceran di sekitar SPBU 74.90992 Kecamatan Sajoanging, Kabupaten Wajo 

TRIBUNWAJO.COM, SAJOANGING - Pertamina menindak SPBU nakal di Kabupaten Wajo.

Berdasarkan hasil investigasi mandiri yang dilakukan pihak Pertamina MOR VIII Sulawesi, SPBU 74.90992 Sajoanging, terbukti bersalah.

SPBU yang terletak di Desa Sakkoli itu, melayani penjualan untuk BBM bersubsidi, seperti premium dan solar, bagi masyarakat menggunakan jerigen tanpa adanya surat rekomendasi dari pemerintah.

"Kami sudah lama memantau. Hasil investigasi mandiri kami, SPBU 74.90992 terbukti melayani pembeli jerigen yang tidak ada rekomendasi dari dinas perikanan dan kelautan setempat," kata Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina MOR VII Sulawesi, Taufiq, Rabu (13/1/2021).

Sebagai efek jera, sanksi yang diberikan berupa penyetopan atau pemberhentian suplai premium dan solar ke SPBU tersebut selama satu bulan.

Terhitung sejak 13 Januari sampai 11 Februari 2021 untuk premium dan 12 Februari sampai 13 Maret 2021 untuk solar.

"Ini sebagai efek jera bagi SPBU yang nakal. Ini juga sebagai pelajaran bagi SPBU yang lain, sanksi penyetopan ini masih bersifat pembinaan, dan kalau masih melanggar kemungkinan sanksi yang lebih berat seperti pemutusan hubungan kerja akan diberikan," jelas Taufiq.

Meski tak akan ada suplai BBM subsidi di SPBU itu, pihak Pertamina meminta masyarakat untuk tidak panik.

Sebab, untuk mengantisipasi kelangkaan di sekitar wilayah Kecamatan Sajoanging, dilakukan pengalihan di sejumlah SPBU yang dekat.

"Masyarakat bisa membeli BBM di SPBU terdekat, ada yang sekitar 26 km dan 21 km dari SPBU tersebut," katanya.

SPBU dimaksud Taufiq adalah SPBU 74.90972 di Desa Ciromani, Kecamatan Keera, SPBU 74.90903 Desa Mattirowalie, Kecamatan Maniangpajo, dan SPBU 74.909.02 - Desa Bottopenno, Kecamatan Majauleng.

Sebelumnya, masyarakat sekitar amat resah dengan aktivitas di SPBU Sajoanging lantaran lebih mengutamakan pelayanan terhadap jerigen.

Bahkan, acapkali masyarakat biasa malah tak kebagian BBM jenis premium dan malah melimpah ruah di tempat-tempat eceran.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved