Breaking News:

Bupati Sinjai Tinjau Lahan Bendungan Lamole

Tempat tersebut sebagai lokasi rencana pembangunan Bendungan Lamole yang teletak di Desa Lamatti Riawang.

TRIBUN TIMUR/SAMSUL BAHRI
Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan, Andi Seto Asapa (ASA) mengunjungi  Kampung Lamole, Desa Lamatti Riawang, Kecamatan Bulupoddo pada Rabu (13/1/2021) sore tadi. 

TRIBUNSINJAI.COM, BULUPODDO - Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan, Andi Seto Asapa (ASA) mengunjungi  Kampung Lamole, Desa Lamatti Riawang, Kecamatan Bulupoddo pada Rabu (13/1/2021) sore tadi.

Tempat tersebut sebagai lokasi rencana pembangunan Bendungan Lamole yang teletak di Desa Lamatti Riawang.

ASA merencanakan akan membangun bendungan untuk pengairan sawah petani di tempat itu jika bantuan dari Keuangan Pemerintah Sulawesi Selatan terwujud sebesar Rp 25 miliar nantinya.

Ia mengungkap bahwa jika pembangunan bendungan rampung maka akan mengairi 200 hektoare sawah petani di Kecamatan Bulupoddo.

" Jika pembangunan bendungan rampung nanti, maka warga kami yang petani bisa menikmatinya dan dapat bertani dan panen dua kali dalam setahun," kata ASA usai melakukan kunjungan di desa tersebut.

Selama ini umumnya petani di Kecamatan Bulupoddo hanya dapat melakukan panen satu kali dalam setahun. Sebab selama ini hanya mengandalkan air tadah hujan.

Selain itu, bendungan ini juga akan dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih masyarakat di Kecamatan Bulupoddo. Dengan demikian, taraf kesehatan masyarakat juga akan meningkat berkat hadirnya bendungan ini.

Sebab sebagian masyarakat di kecamatan tersebut masih menggunakan sumur galian. Tak hanya itu, masyarakat juga mengeluarkan biaya yang mahal karena menggunakan pompa listrik yang rata-rata jauh dari rumah mereka.

" Jadi selain untuk meningkatkan kesejahteraan, juga akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat berkat adanya air bersih," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati ASA menyampaikan salam dan pesan dari Gubernur Sulawesi Selatan, M Nurdin Abdullah (NA) kepada masyarakat yang akan memberikan bantuan keuangan untuk pembangunan Bendungan Lamelo nantinya.

Atas rencana itu, Bupati ASA meminta dukungan dan doa agar rencana tersebut segera dapat terwujud pembangunan itu tahun ini. Rencana bantuan dari keuangan Pemprov Sulsel ini kembali ditegaskan oleh Gubernur NA saat berkunjung ke Kabupaten Sinjai pekan lalu.  

Menanggapi rencana itu, salah seorang petani di Desa Lamatti Riawang bernama Juraije menyambut baik.

" Kami petani di Lamatti Riawang sangat bersyukur dan berterima kasih ke Pak Bupati ASA dan Gubernur Nurdin Abdullah karena memang selama ini hanya satu kali menanam padi, semogo terwujud," katanya. (*)

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa datangi langsung lokasi rencana pembangunan Bendungan Lamole, Desa Lamatti Riattang, Kecamatan Bulupoddo, Rabu (13/1/2021).

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved