Sriwijaya Air Jatuh

KNKT: Dari Data Kami Menduga Mesin Masih Hidup Sebelum Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Membentur Laut

KNKT: Dari Data Kami Menduga Mesin Masih Hidup Sebelum Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Membentur Laut

Editor: Ilham Arsyam
tribunnews
update sriwijaya air jatuh 

TRIBUN-TIMUR.COM - Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT ) terus melakukan investigasi terhadap kasus kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (11/1/2021).

Seperti diketahui, pesawat Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK-CLC itu terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju Bandara Soepadio, Pontianak.

Namun, pesawat hilang kontak saat baru terbang selama 4 menit.

"Hingga hari ini proses investigasi masih terus berlangsung," kata Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, melalui keterangan persnya di Jakarta seperti dikutip dari Kompas.id pada Selasa (12/1/2021).

Kecelakaan Sriwijaya Air Sabtu 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu
Kecelakaan Sriwijaya Air Sabtu 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu (tribunnews)

Soerjanto menuturkan, beberapa kegiatan yang akan dilakukan pihaknya antara lain melanjutkan pencarian kotak hitam atau black box pesawat.

Selain itu juga mengumpulkan data pesawat dan awak pesawat.

Upaya pencarian kotak hitam berupa Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) telah menangkap sinyal dari Locator Beacon. 

"Dari sinyal yang diperoleh sudah dilakukan pengukuran dengan triangulasi dan telah ditentukan perkiraan lokasi seluas 90 meter persegi," kata Soerjanto.

Sebagai gambaran, sejak Senin (11/1/2021) pagi tim penyelam dari TNI AL sudah mencari di lokasi yang sudah diperkirakan. 

Namun, hingga Senin sore kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182 belum juga ditemukan, sehingga pencarian masih terus berlanjut sampai hari ini.

Lebih lanjut, Soerjanto menuturkan, KNKT telah mengumpulkan data radar dari Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau Airnav Indonesia. 

Dari data tersebut, tercatat pesawat mengudara pada pukul 14.36 WIB.

Pesawat terbang menuju arah barat laut.

Pada pukul 14.40 WIB, pesawat mencapai ketinggian 10.900 kaki.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved