Breaking News:

Sriwijaya Air Jatuh

Black Box Sriwijaya Air SJ-182 yang Jatuh Kini Paling Dicari, tapi Kenapa Oranye? Penjelasan Lengkap

Black box Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh kini paling dicari, tapi kenapa warnanya oranye? Penjelasan.

Editor: Edi Sumardi
PLANESPOTTTERS.NET/VIKTOR GULA DAN ABC
Inilah pesawat Sriwijaya Air bernomor registrasi PK-CLC yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021). Titik jokasi jatuhnya pesawat diketahui setelah ada pancaran sinyal dari black box atau kotak hitam. Ilustrasi black box (kanan). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Black box Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh kini paling dicari, tapi kenapa warnanya oranye? Penjelasan.

Dalam setiap kecelakaan pesawat, black box selalu paling dicari.

Tim pencarian dan pertolongan gabungan berhasil menemukan titik lokasi pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh pada Sabtu (9/1/2021) kemarin.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, lokasi pesawat tersebut diketahui setelah Kapal Republik Indonesia (KRI) Rigel mendapatkan sinyal yang diduga kuat berasa dari kotak hitam atau black box pesawat yang sedang dicari.

“TNI bersama tim gabungan juga tengah menyiapkan rencana pengangkatan potongan besar pesawat dengan menggunakan kapal yang memiliki alat crane untuk mengangkut benda besar,” kata Hadi dalam keterangan tertulis, Minggu (10/1/2021).

Lebih lanjut, Hadi menegaskan, seluruh jajaran TNI mendukung Basarnas dalam upaya pencarian yang saat ini tengah dilakukan.

TNI dipastikan akan terus melakukan upaya menemukan seluruh korban, bagian pesawat, dan juga keberadaan black box pesawat.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyadari, pencarian pesawat dengan rute Jakarta - Pontianak atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta - Bandara Internasional Supadio itu bukan lah hal yang mudah.

“Tetapi rekan-rekan dari Basarnas, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya bahu-membahu melakukan kegiatan ini dengan baik, sehingga kami bisa temukan lokasinya hari ini,” tutur Budi.

Kepala Basarnas Bagus Puruhito menjelaskan, tim SAR gabungan hingga hari ini telah menemukan sejumlah serpihan pesawat, dan bagian tubuh manusia, yang selanjutnya akan dikumpulkan dan diserahkan kepada Tim DVI Polri dan KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved