Breaking News:

Megawati 'Selamatkan' Abu Bakar Ba’asyir dari Penjara Terkejam di Dunia, Presiden AS Lobi Pakai CIA

Ketika Megawati Soekarnoputri 'selamatkan' Abu Bakar Ba’asyir dari penjara paling kejam di dunia, Presiden AS bahkan melobi pakai CIA.

KOMPAS.COM/DANU KUSWORO
Mantan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir. Ketika Megawati Soekarnoputri 'selamatkan' Abu Bakar Ba’asyir dari penjara terkejam di dunia, Presiden AS bahkan melobi pakai CIA. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ketika Megawati Soekarnoputri 'selamatkan' Abu Bakar Ba’asyir dari penjara terkejam di dunia, Presiden AS bahkan melobi pakai CIA.

Mantan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir pernah hampir diekstradisi oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk ditahan di penjara khusus Guantanamo, kamp penjara paling kejam di dunia.

Dilansir dari pemberitaan Tempo pada 30 Desember 2004, Presiden AS saat itu, George Walker Bush menginginkan amir Jemaah Ansharut Tauhid (JAT) itu dipenjarakan di Guantanamo.

Hal itu disampaikan mantan penerjemah Bush, Fred Burks.

Bahkan Bush mengirim utusan khusus untuk menyampaikan keinginannya kepada Presiden RI saat itu, yakni Megawati Soekarnoputri.

Tak tanggung-tanggung, utusan khusus yang dikirim Bush ialah seorang agen badan intelijen AS (CIA).

Agen CIA itu diutus bertemu langsung Megawati.

Agen CIA tersebut didampingi Duta Besar AS untuk Indonesia Ralph L Boyce, Ahli Indonesia di Dewan Keamanan Nasional (NSC) Karen Brooks, dan juga Burks sendiri.

"Pertemuan itu disampaikan utusan khusus Presiden Bush dalam pertemuan rahasia di rumah Megawati," ujar Fred Burks, sebagaimana dikutip dari Tempo.

"Dan Megawati sama sekali tidak tahu kalau utusan khusus itu seorang agen CIA," kata Burks.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved