Breaking News:

Persiapan Vaksinasi di Mamasa, Dinkes Kumpulkan Kepala Puskesmas

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, Amos Pampabone mengatakan, kegiatan itu menindaklanjuti surat edaran

TRIBUN TIMUR/SEMUEL
Pembekalan vaksinasi Dinas Kesehatan terhadap Kepala PKM 

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Dalam waktu dekat, Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, akan melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (Nakes).

Mempersiapkan itu, Dinas Kesehatan mengumpulkan seluruh Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Petugas Koordinator Imunisasi dan petugas yang mendata seluruh Nakes, dari masing-masing kecamatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa, Amos Pampabone mengatakan, kegiatan itu menindaklanjuti surat edaran Menteri Kesehatan.

Dia menjelaskan, vaksinasi tahap 1 sesuai data dari Kementerian Kesehatan, Kabupaten Mamasa mendapat kuota sebanyak kurang lebih 1400 vaksin bagi Nakes.

Namun kata dia, dari jumlah itu, Nakes yang akan divaksin imunisasi covid-19, masih akan diseleksi, yakni bagi yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS, masih menunggu tahap kedua.

Selain itu, pada vaksinasi nantinya, alan dilakukan screening terkait kondisi kesehatan calon penerima vaksin.

"Dari hasil screening itu akan diketahui apakah seseorang layak divaksin atau tidak, " terang Amos,  Kamis (7/1/2021) siang tadi.

Secara umum kata dia, vaksin yang kan digunakan nantinya, menggunakan vaksin senovac buatan Tiongkok.

Saat ini vaksin tersebut kata dia,  masih berada di Satgas Provinsi Sulawesi Barat.

Untuk vaksinasi nantinya lanjut Amos menambahkan, akan dilakukan di wilayah yang terjangkau jaringan telekomunikasi internet.

Bagi wilayah yang tidak terjangkau internet, diperbolehkan melakukan vaksinasi di wilayah yang dijangkau internet,guna menginput hasil screening.

Untuk tempat pelaksanaan vaksinasi, Amos menyebut, pihaknya menyedikan 18 titik, yakni 17 Puskesmas dan dua Rumah Sakit, termasuk Rumah Sakit Banua Mamase dan RSUD Kondosapata.

Terkait waktu pelaksanaannya, Amos mengaku masih menunggu informasi dari Provinsi Sulbar. Namun pada intinya, Mamasa kata dia,  siap melakukan vaksinasi.  

Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved