Tribun Sinjai

Sering Laka Laut, Nelayan Desak Syahbandar Pasang Rambu di Muara Sungai Tangka

Sejumlah nelayan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mendesak pihak Syahbandar Sinjai untuk memasang rambu lalu lintas laut di muara Sungai Tangka.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Sudirman
Sering Laka Laut, Nelayan Desak Syahbandar Pasang Rambu di Muara Sungai Tangka
ist
Kapal nelayan sedang melintas di Muara Sungai Tangka ke Teluk Bone

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA-Sejumlah nelayan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mendesak pihak Syahbandar Sinjai untuk memasang rambu lalu lintas laut di muara Sungai Tangka.

Desakan itu muncul akibat seringnya terjadi kecelakaan laut di pintu keluar masuk Pelabuhan Lappa Sinjai.

"Sering terjadi laka laut di pintu musuk pelabuhan, makanya itu kami desak petugas Syahbandar untuk memasang rambu laut di muara Sungai Tangka," kata salah seorang nelayan di Sinjai Amir Gondrong, kepada TribunSinjai.Com, Selasa (5/1/2021).

Diungkap bahwa di lokasi tersebut, pintu jalan masuknya tampak sempit sehingga sering terjadi tabrakan sesama perahu nelayan.

" Apalagi kalau dinihari, nelayan sudah dalam keadaan mengantuk, tidak memerhatikan lagi jalan masuk," kata Amir Gonrong.

Selain sempit akses jalan masuk, juga sisi kanan dan kiri dangkal. Sehingga jika tidak bertabrakan bisa kandas di bibir muara sungai.

Sementara Kepala Syahbandar Sinjai, Darwis merespon baik aspirasi para nelayan tersebut yang disamapikan oleh nelayan.

 " Nanti saya buat usulan ke Kantor Distrik Navigasi Makassar, untuk pemasangan Bui Apung sebagai rambu di tempat itu," kata Darwis.

Pada Oktober lalu, peristiwa tabrakan melibatkan kapal nelayan dan kapal pengangkut air untuk warga Pulau Sembilan. 

Muara Sungai Tangka ini merupakan akses jalur lalu lintas terpadat 24 jam setiap hari dilalui para kapal nelayan, penumpang dan ekspedisi dengan tujuan sejumlah pulau di bagian Indonesia Tengah dan Timur. (*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved