Breaking News:

Abrasi Pantai

Puluhan Rumah di Takalar Rusak Akibat Abrasi

Sejumlah rumah mengalami kerusakan akibat abrasi di Dusun Kassi Lompo, Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

ist
Warga bergotong-royong membuat tanggul sementara dari karung berisi pasir di Dusun Kassi Lompo, Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR - Sejumlah rumah mengalami kerusakan akibat abrasi di Dusun Kassi Lompo, Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Untuk mengantisipasi derasnya arus ombak naik ke pemukiman, warga setempat berbondong-bondong membuat tanggul sementara dengan menggunakan karung berisi pasir.

"Ini kita sementara bikin tangggul pemecah ombak, dengan menggunakan alat seadanya, ini sudah lima tahun yang lalu, hanya begini kita bikin tanggul," kata warga Saharuddin, Senin (28/12/2020)

Setiap tahunnnya warga bergotong-royong membuat tanggul sementara, lantaran dampak abrasi membuat sebagian rumah warga kehilangan tersapu ombak. 

"Setiap tahunnya begini (dikerja), semakin tahun semakin parah," ungkapnya. 

Menurutnya, akibat abrasi itu beberapa rumah warga mengalami kerusakan. 

"Sekitar sini ada enam rumah (hilang), kalau delapan meter dari sini atau kampung tetangga ada sekitar dua puluh rumah lebih. Iya ini akibat abrasi," ujarnya.

Ia pun berharap ada upaya pemerintah untuk memperhatikan warga di sekitar bibir pantai agar tak ada lagi warga atau rumah nelayan yang hilang diterjang ombak.(*)

Laporan Wartawan Tribuntakalar.com, Sayyid Zulfadli 

Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved