Breaking News:

PON Papua 2021

Ini Tahapan Tes Fisik dan Kesehatan yang Harus Dijalani Atlet KONI Sulsel Sebelum Tampil di PON

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel menyelesaikan tes fisik dan tes kesehatan bagi ratusan atlet yang terdaftar PON XX Papua

Handover
Suasana tes fisik Atlet KONI Sulsel 

Ini Tahapan Tes Fisik dan Kesehatan yang Harus Dijalani Atlet KONI Sulsel Sebelum Tampil di PON

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel menyelesaikan tes fisik dan tes kesehatan bagi ratusan atlet yang terdaftar PON XX Papua, Minggu (20/12/2020) di Kantor KONI Sulsel, Jl Sultan Hasanuddin, Makassar. 

Pelaksanaan tes berlangsung tertib.

Atlet mengantri dan mendaftar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

Ada tiga tahapan tes yang terpantau langsung oleh tim kesehatan KONI Sulsel yang terdiri dari dokter dan praktisi perawat.

Tes awal atlet menjalani indeks bahasa tubuh dengan mengukur tinggi badan, mengukur berat badan, dan mengukur tekanan darah yang harus sesuai dengan standar atlet professional.

tes fisik dan kesehatan atlet KONI Sulsel
tes fisik dan kesehatan atlet KONI Sulsel (Handover)

Usai menjalani test indeks bahasa tubuh, atlet menjalani test kedua yakni step tiga menit dengan mengukur detak jantung dan detak nadi.

Tahap terakhir, atlet menjalani test deteksi dan deformitas dengan pengukuran kemampuan organ vital seperti tungkai kaki, engsel, siku dan lutut saat atlet pada posisi berdiri dan posisi baring.

Hanya saja, sejumlah atlet dari beberapa Cabang olahraga (cabor) tidak bisa mengikuti tes ini.

Satu atlet dari cabor futsal absen karena cedera pada engsel kaki. Lima atlet karate juga tidak bisa mengikuti test karena sedang ikut pelatnas di Bali.

Kemudian tiga atlet tinju sedang menghadapi pertandingan dan masing-masing satu atlet dari Muaythai, renang indah dan layar juga tidak sempat mengikuti test ini. Sehingga total 12 atlet absen ikut tes.

“Masih dibuka kesempatan sampai hari Selasa bagi atlet yang tak sempat ikut tes hari ini, “ ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Koni Propinsi Sulsel Prof DR Andi Ihsan. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ilham Mulyawan Indra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved