Breaking News:

Hari HAM Sedunia

5 Kabupaten di Sulbar Terima Penghargaan Daerah Peduli HAM

Lima kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar) menerima penghargaan sebagai daerah peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Penulis: Nurhadi | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/NURHADI
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar serahkan penghargaan Daerah Peduli HAM kepada Wwakil Bupati Polman M Natsir Rahmat di Aula Kantor Gubernur, Senin (14/12/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Lima kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar) menerima penghargaan sebagai daerah peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Ali Baal Masdar didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) M Anwar pada peringati hari Hak Asasi Manusia se-Dunia secara virtual di aula Pantai IV kantor Gubernur, Jl Abd Malik Pattana Endeng, Mamuju, Senin (14/12/2020).

Kelima kabupaten yang menerima penghargaan ialah Kabupaten Polman, Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah, dan Pasangkayu.

Anwar mengatakan ada tujuh indikator penilaian sehingga sebuah daerah berhak mendapatkan penghargaan pedulu HAM. Salah satunya adalah hak kesehatan.

"Kemudian hak pendidikan, hak perumahan, hak perempuan dan anak dan hak lingkungan yang berkelanjutan," jelasnya.

Menyangkut masalah pendidikan, lanjutnya, seperti ada pemerataan guru antara kota dan desa serta mampu mengembalikan anak putus sekolah ke bangku sekolah.

"Pengangkatan guru harus merata. Biasanya ada daerah hanya di kota saya, jadi intinya pemerintah yang memperhatikan prinsip dasar masyarakat," katanya.

Dia berharap tahun depan enam kabupaten di Sulbar semua mendapatkan penghargaan tersebut karena tahun ini sisa Mamasa yang belum mendapat penghargaan tersebut.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar pun berharap semua kabupaten di Sulbar terus membenahi pemenuhan hak-hak dasar masyarakatnya.

"Utamanya kabupaten Mamasa yang belum mendapatkan penghargaan sebagai daerah peduli HAM tahun ini," katanya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved