Breaking News:

Penemuan Abad 21 Matahari Buatan China Menghentak Dunia, 10 Kali Lebih Panas Inti Bumi

Akhir tahun 2020, matahari buatan China menghentak dunia. Suhu matahari buatan China mampu mencapai 150 juta derajat celcius.

Editor: Muh Hasim Arfah
kompas.com
Penemuan abad 21 Matahari Buatan China mengentak dunia di akhir tahun 2020 

TRIBUN-TIMUR.COM – Penemuan abad 21 matahari buatan China menghentak dunia. 

Matahari buatan China mampu mencapai suhu 150 juta derajat celcius.

Reaktor fusi nuklir sebagai matahari buatan China berhasil dinyalakan untuk pertama kalinya.

Seperti dikabarkan media pemerintah setempat dan dilansir dari AFP, pada Jumat (4/12/2020), keberhasilan tersebut menandai kemajuan besar penelitian tenaga nuklir di negeri Tirai Bambu ini.

Reaktor yang disebut HL-2M Tokamak itu merupakan perangkat penelitian eksperimental fusi terbesar dan tercanggih di China.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (7/12/2020), perangkat tersebut diharapkan berpotensi membuka sumber energi bersih yang kuat.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa reaktor fusi nuklir tersebut menggunakan medan magnet yang kuat untuk memadukan plasma panas yang dapat mencapai suhu hingga lebih dari 150 juta derajat Celcius, seperti dikabarkan surat kabar People's Daily.

Dengan demikian, artinya panas yang dihasilkan oleh reaktor tenaga nuklir sekitar 10 kali lebih panas dari inti matahari yang suhunya bisa mencapai sekitar 15 juta derajat Celcius.

Tak heran apabila reaktor tenaga nuklir yang berada di Provinsi Sichuan itu kemudian dijuluki sebagaimatahari buatan China. 

Bagi China, reaktor HL-2M Tokamak ini dapat membantu mereka mencapai target produksi energi fusi yang akan dikomersialkan pada tahun 2050.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved