Breaking News:

Balla Barakkaka Ri Galesong

Balla Barakkaka Ri Galesong Wadah Kreativitas Warga, Bikin Kerajinan Tangan dari Bambu dan Plastik

Balla Barakkaka Ri Galesong merupakan rumah tempat kreativitas bagi warga di Takalar, Sulawesi Selatan.

TRIBUN-TIMUR.COM/SAYYID
Suasana pengrajin anyaman dari bambu di Balla Barakkaka ri Galesong, Desa Ta'boncini, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, TAKALAR - Balla Barakkaka Ri Galesong merupakan rumah tempat kreativitas bagi warga di Takalar, Sulawesi Selatan.

Balla Barakkaka Ri Galesong terletak di Desa Ta'boncini, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Di sana warga diajarkan serta menyalurkan berbagai macam kreativitas seperti anyaman dari bambu, rumah baca, hingga sampah plastik dengan sistem daur ulang.

Balla Barakkaka ri Galesong itu diinisiasi oleh Prof H Aminuddin Salle Kareang Patoto.

Dengan adanya Balla Barakkaka ri Galesong itu membuat masyarakat bisa membantu ekonomi warga, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini. 

"Jadi di sini itu aktivitas kreasi atau membuat kerajinan tangan untuk masyarakat sejak tahun 2016," katanya kepada wartawan saat ditemui di Balla Barakkaka ri Galesong, Sabtu (12/12/2020).

Dari situlah, warga menyalurkan kreativitasnya dengan memanfaatkan bambu hingga sampah plastik dengan sistem daur ulang.

"Kita manfaatkan bambu untuk anyaman seperti membuat tempat kue, tempat lampu kamar tidur hingga membuat tempat-tempat kebutuhan sehari-hari yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat," tuturnya.

Selain itu, kata dia, di Balla Barakkaka ri Galesong' juga ada rumah baca. Rumah baca itu agar anak-anak bisa membaca dan cinta buku. 

"Jadi ada tiga kegiatan ini program sungai bersih, kerajinan anyaman bambu dan desain produk, serta rumah baca," ujarnya. 

Di Balla Barakkaka ri Galesong juga tampak sejumlah pesan leluhur yang ditampilkan melalui tulisan tangan.

Pesan-pesan leluhur dari nenek moyang dapat dijumpai di sejumlah ruang terbuka hingga di rumah panggung produksi limbah.(*)

Laporan Kontributor Tribuntakalar.com, Sayyid Zulfadli 

Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved