Breaking News:

PON Papua 2021

3 Opsi Tim Basket Sulsel Permantap Persiapan Sebelum PON

Latihan ini menjadi bagian dari persiapan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mendatang.

ist
Tim Basket Sulawesi Selatan rutin menggelar latihan empat kali dalam sepekan di sebuah lapangan basket yang terletak di Jl Landak, Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim Basket Sulawesi Selatan rutin menggelar latihan empat kali dalam sepekan di sebuah lapangan basket yang terletak di Jl Landak, Makassar.

Latihan ini menjadi bagian dari persiapan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mendatang.

"Kita masih dalam tahap persiapan umum. Latihan fisik dan basket fundamental, 70 persen latihan fisik, dan 30 persen latihan fundamental basket," ujar Pelatih Basket Sulsel, Yunanda Nugroho Djati.

Kendati PON Papua kian dekat, Yunanda menyebut tim Basket Sulsel punya tiga opsi untuk memantapkan persiapan.

Pertama dengan mengikuti kejuaraan internasional, atau lokal pada awal 2021 mendatang, tentu sembari berharap pula Pandemi Covid segera berakhir agar Try Out bisa dilaksanakan.

"Dua opsi lainnya adalah kita mengundang tim-tim basket dari luar kota ke Makassar untuk uji coba. Atau mendatangkan pelatih khusus untuk permainan basket 3 on 3 (3x3), " tuturnya.

Ia menyebut opsi-opsi ini masih sebatas wacana dan masih harus dibicarakan bersama pihak pemerintah, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga, Perbasasi Sulsel, dan KONI.

Yunanda menyebut kans basket 3 on 3 terbuka lebar, mengingat Sulsel meloloskan dua tim pada kategori tersebut, putra dan putri.

"Sedangkan kategori 5 vs 5 itu hanya tim putri saja yang ada timnya. Tim Putra waktu Pra PON gagal dapat tiket," ujarnya.

Jika persiapan lancar hingga keberangkatan ke Papua, ia berani memasang target medali emas untuk tim putra, dan medali perunggu bagi tim putri.

"Kami bertekad untuk itu. Karena kami juga ingin menyumbang medali emas bagi Sulsel di ajang PON kali ini," katanya.

Terpisah, anggota Tim Monitoring dan evaluasi Tim Basket Sulsel, Suwardi optimistis terhadap target yang dipasang tim basket.

Apalagi sejumlah atlet profesional turut memperkuat tim ini.

"Perkembangan latihan mereka sejauh ini cukup bagus. Saya rasa target itu bisa saja tercapai," tuturnya.(*)

Penulis: Alfian
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved