Breaking News:

Jusuf Kalla Minta Izin ke Wapres Ma'ruf Amin untuk ke Afghanistan, Apa Tujuan JK ke Daerah Konflik?

Jusuf Kalla minta izin ke Wapres Ma'ruf Amin untuk ke Kabul Afghanistan, apa tujuan JK ke daerah konflik?

KIP/SETWAPRES
Wakil Presiden Maruf Amin bertemu dengan Wakil Presiden RI ke-10 Jusuf Kalla di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro nomor 2, Jakarta Pusat. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Jusuf Kalla minta izin ke Wapres Ma'ruf Amin untuk ke Kabul Afghanistan, apa tujuan JK ke daerah konflik?

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menerima Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla (JK) di kediamannya, Jumat (11/12/2020) pagi, Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat dua hal yang dibahas, yaitu tentang kelanjutan kerja sama dengan Afghanistan dan rencana pendirian Museum Rasulullah.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, Jusuf Kalla menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan kontak dari Afghanistan untuk disambungkan kepada Wapres Ma'ruf Amin.

"(Pihak) Afghanistan menghubungi Pak JK yang intinya minta disambungkan kepada Wapres Ma'ruf, mengenai hal-hal yang terkait kerja sama selama ini yang sudah berlangsung baik antara Pemerintah Indonesia dan Afghan,” ujar Masduki dikutip dari siaran pers, Jumat (11/12/2020).

Masduki mengatakan, kerja sama Indonesia dan Afghanistan selama ini berjalan seperti peace building, yaitu terdapat pelajar dan orang-orang Afghanistan ke Indonesia untuk belajar.

Utamanya belajar lebih jauh tentang keberagaman dan Islam wasatiyah atau moderat.

Pihak Afghanistan, ingin agar kerja sama tersebut dapat dilanjutkan kembali.

"Tentu saja Pak Wapres meminta untuk mengevaluasi apa yang selama ini sudah berjalan. Kerja sama kan antara lain dengan MUI, dengan beberapa pesantren, dan beberapa perguruan tinggi," kata Masduki.

Selain itu, dalam pertemuan Jusuf Kalla juga meminta izin dan menyampaikan kepada Wapres Ma'ruf bahwa ia akan berangkat ke Kabul, Afghanistan.

Kepergian Jusuf Kalla ke Afghanistan tersebut untuk menindaklanjuti upaya lebih konkret dari apa yang telah dibicarakan.

Masduki mengatakan, Wapres juga memerintahkan kepada Sekretariat Wapres untuk bagaimana agar kerja sama tersebut segera ditindaklanjuti.

"Dipersiapkan segala sesuatunya, tentu saja setelah Covid-19 ini terprediksi. Mungkin (apabila penggunaan) vaksin sudah efektif dan sebagainya itu bisa mulai. Kalau kondisinya masih seperti sekarang, butuh waktu," kata Masduki.

ementara itu terkait rencana pembangunan Museum Rasullullah, Jusuf Kalla melapor bahwa dirinya baru saja berangkat ke Mekkah, Arab Saudi dan bertemu dengan sejumlah ahli.

Jusuf Kalla mendapat berbagai penjelasan teknis tentang Museum Rasullullah tersebut agar bisa sesuai perencanaan.(*)

Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved