Breaking News:

Jangan Hanya Asal Pakai, Pemotor Juga Wajib Perhatikan Filter Udara Kendaraan Roda Duanya

Penggantian filter udara juga dipengaruhi kondisi daerah, jika daerahnya berdebu filter udara menjadi lebih cepat kotor.

Handover
Filter udara motor Yamaha 

Jangan Hanya Asal Pakai, Pemotor Juga Wajib Perhatikan Filter Udara Kendaraan Roda Duanya

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Filter udara seringkali tidak diganti, bahkan jarang dibersihkan.

Akibatnya, proses pembakaran di ruang bakar jadi tidak maksimal dan performa motor pun berkurang, tarikan mesin menjadi berat karena kurangnya asupan udara bersih.

Saringan udara yang tidak diganti secara rutin berujung kepada boros bensin, penyebabnya ada campuran udara tersendat dan menimbulkan endapan di ruang bahan bakar.

Karena tidak seimbangnya campuran udara dan bahan bakar berdampak menurunnya fungsi busi sebagai pemantik api sehingga dengan kondisi yang cukup lama dapat mengakumulasi kerusakan di seluruh bagian di dalam ruang bakar dan menyebabkan mogok bahkan berujung turun mesin.

Manager After Sales PT. Suracojaya Abadimotor, Ketut Suastika mengatakan Penggantian berkala filter udara sebaiknya dilakukan setiap 15.000 km.

Penggantian filter udara juga dipengaruhi kondisi daerah, jika daerahnya berdebu filter udara menjadi lebih cepat kotor.

“Periksa, bersihkan, dan ganti jika perlu, perawatan berkala berbeda-beda untuk model kendaraan, harus periksa buku service manual untuk setiap modelnya, “ ujarnya.

Maka dari itu, pengguna kendaraan sendiri diwajibkan untuk melakukan pembersihan ataupun mengganti filter udara apabila tidak menginginkan motor mereka mengalami masalah.

"Jika motor Anda sudah ada ciri-ciri di atas, langsung aja bawa motor kamu ke bengkel resmi jangan lupa Selalu gunakan Yamaha Genuine Parts di bengkel resmi Yamaha dan pantau notifikasi perawatan atau service berkala motor anda di Yamaha Service Shop (YSS) terdekat, Yamaha Service Shop (YSS) dapat juga Anda dapatkan melalui Aplikasi My Yamaha,” tutupnya. (rilis SJAM)

Berikut ini adalah 5 ciri-ciri kalau filter udara motor matic kamu sudah harus diganti.

1. Tampilan filter udara yang kotor
2. Motor boros bahan bakar
3. Mesin sulit dinyalakan
4. Suara mesin bising
5. Keluar asap hitam dari knalpot

Editor: Ilham Mulyawan Indra
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved