Breaking News:

Seto Akan Bangun Irigasi Besar di Sinjai Tengah

Sebab salah satu perhatian pemerintah pusat dan provinsi mudah memberikan bantuan jika masyarakat

TRIBUN TIMUR/SAMSUL BAHRI
Bupati Andi Seto serahkan mesin traktor ke beberapa kelompok tani di Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Jumat 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI TENGAH - Bupati SinjaiAndi Seto Gadhista Asapa (ASA), merencanakan akan membangun irigasi berskala besar di Kecamatan Sinjai Tengah tahun depan.

Hal itu diusahakan Andi Seto setelah mendengar dan melihat langsung perjuangan masyarakat petani setempat setiap tahunnya mengalami krisis air untuk irigasi sawah.

Dan hanya mengandalkan air tadah hujan sebab irigasi sebelumnya sudah tidak mampu maksimal disebabkan karena sudah banyak mengalami kerusakan dan tak mampu memuat volume air besar.

Rencana itu diungkapkan oleh ASA saat memberikan bantuan hand traktor kepada sembilan kelompok tani di Kecamatan Sinjai Barat dan Sinjai Tengah di Kelurahan Tassililu, Jumat (4/12/2020) sore tadi.

" Insyallah kita tengah mengusahakan pembangunan irigasi di berbagai daerah di Sinjai, seperti tahun depan kita rencanakan akan bangun irigasi yang besar di Sinjai Tengah," kata ASA.

Sehingga dengan kehadiran irigasi nantinya masyarakat petani yang tadinya hanya mengandalkan sawah tadah hujan yang bisa bersawah sekali dalam setahun, maka setelah rampung pembangunan irigasi itu bisa bersawah hingga tiga kali dalam setahun.

Seperti masyarakat di Kecamatan Sinjai Barat yang petaninya bisa bersawah hingga tiga kali dalam setahun karena irigasinya baik.

Namun hal itu bisa terwujud jika terwujud daerah Sinjai kondusif, aman tertib, tenang tidak ada masalah-masalah di masyarakat.

Sebab salah satu perhatian pemerintah pusat dan provinsi mudah memberikan bantuan jika masyarakat di daerah itu aman, seperti di Sinjai saat ini.

Dana pembangunan irigasi tersebut bukan dari APBD kabupaten tetapi dana bantuan dari pemerintah pusat yang diperoleh dari usaha membangun jaringan dengan pihak pemerintah pusat dan di provinsi di Makassar sehingga ia mendapatkan anggaran untuk pembangunan salah satunya untuk irigasi.

Halaman
12
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved