Breaking News:

Liga 1 2020

LIB Sebut Liga 1 2022 Kembali Format 18 Klub

Sebanyak 18 klub yang ada sekarang tetap akan berkompetisi di kasta tertinggi sepakbola Indonesia

Penulis: Alfian | Editor: Mansur AM
LIB Sebut Liga 1 2022 Kembali Format 18 Klub
ist
Kompetisi Liga 1 2020 masih belum jelas akan bergulir atau tidak sama sekali karena imbas Covid-19.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kompetisi Liga 1 Indonesia 2020 sudah dipastikan tak ada sistem degradasi.

Sebanyak 18 klub yang ada sekarang tetap akan berkompetisi di kasta tertinggi sepakbola Indonesia ini pada musim 2021 mendatang. 

Menariknya, musim 2021 ada penambahan dua klub yang promosi dari Liga 2 Indonesia. Artinya, musim depan peserta Liga 1 bertambah menjadi 20 klub.

Regulasi ini diputuskan PSSI sebagai Federasi tertinggi sepakbola Indonesia bersama operator Liga. Dalam hal ini PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Direktur PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menerangkan keputusan tanpa degradasi Liga 1 2020 diambil menyikapi kondisi ketidaknormalan. Kondisi yang dimaksud yakni saat ini Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

"Soal degradasi dan promosi itu memang inikan dalam kondisi tidak normal, jadi kalau kondisi tidak normal itu seperti apapun situasinya, pemain-pemain dalam kondisi yang tidak lengkap, ada tim yang memang kehilangan beberapa pemain andalannya," ucapnya di Bincang Bola Virtual Tribun Timur, Selasa (1/12) lalu.

Jika memaksakan diterapkan regulasi normal atau sesuai dengan regulasi awal, menurut Akhmad Hadian akan menyulitkan klub-klub. Mengingat aturan-aturan atau kondisi yang akan terjadi ke depan belum bisa diprediksi.

"Misal ada pemain asingnya yang tidak bisa kembali ke Indonesia karena di negaranya waktu pulang tidak bisa lagi masuk Indonesia, atau di negaranya tidak boleh keluar, mengakibatkan kondisi tidak normal ini sehingga jika kita menerapkan normal hasilnya kurang baik," sambungnya.

Sementara itu alasan lainnya diterapkan regulasi promosi klub Liga 2 untuk musim ini lanjut Akhmad Hadian agar kompetisi bisa melahirkan kualitas yang baik. Tetapi nantinya di kondisi normal atau pada musim berikutnya akan dikembalikan format 18 klub.

Liga 1 2021 akan diisi 20 klub, sementara musim 2020 akan kembali format 18 klub. Artinya kemungkinan akan ada empat klub sekaligus tim Liga 1 yang terdepak ke Liga 2, sebab di musim yang sama Liga 2 kembali menerapkan regulasi promosi.

"Kenapa ada promosi karena tetap ini yang menjadi menarik, biar Liga 2 nya bisa naik ke Liga 1 , dua klub nanti yang teratas dari finalis itu akan naik ke Liga 1 tapi tentunya ada konsekuensi di kompetisi berikutnya, pasti akan turun dimana akan dikembalikan lagi ke 18 itu menurut regulasi yang rencananya diterapkan PSSI," tutupnya.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved