Breaking News:

OPINI

Kiprah dan Tantangan Korpri (Refleksi Hari KORPRI 29 November 2020)

OPINI: Kiprah dan Tantangan Korpri (Refleksi Hari KORPRI 29 November 2020) oleh Syarifuddin Umar

Penulis: CitizenReporter | Editor: Suryana Anas
Dok Pribadi
Syarifuddin Umar, Analis Kebijakan Ahli Madya KLHK, Anggota Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) 

Oleh: Syarifuddin Umar, Analis Kebijakan Ahli Madya KLHK, Anggota Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI)

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) akan memperingati hari ulang tahunnya yang ke-49 pada 29 November 2020.

Ulang tahun kali ini bertepatan dengan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2020 di 270 daerah, dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di Indonesia. 

Sebagai wadah bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Korpri harus senantiasa meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis serta berkomitmen terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Korpri harus bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengembangkan kesejahteraan anggota.

Pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan serta  pelayanan kepada masyarakat yang diemban oleh seluruh anggota Korpri telah memberikan kontribusi dalam proses pembangunan selama ini.

Terlebih dalam perjalanan sejarahnya, Korpri telah memainkan peran dan tampil sebagai organisasi yang mandiri dan mampu mendorong para anggotanya untuk mengemban peran penting dan strategis sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Peringatan HUT ke-49 KORPRI tahun ini mengambil tema ”Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa” dengan harapan para anggota Korpri tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa.

Hal ini tentunya akan menjadi tantangan bagi Korpri untuk meningkatkan kinerja dibidang pelayanan publik dengan semangat profesionalisme.

Di samping itu bagaimana memantapkan fungsi Korpri sebagai perekat pemersatu bangsa dan menjaga netralitas seluruh anggota dalam event politik termasuk dalam menghadapi pilkada serentak 2020 nanti.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved