Breaking News:

Sekda Barru Apresiasi Karang Taruna Tanam Porang di Desa Siawung

Tanaman ini kalau berhasil sangat berpotensi bagi masyarakat untuk mendapat nilai tambah untuk kebutuhannya.

Penulis: Darullah | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/DARULLAH
Sekda Barru Abustan AB membuka kegiatan tanam perdana, sekaligus sosialisasi tanaman porang di Dusun Birue, Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Jumat (27/11/2020). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sekda Barru Abustan AB membuka kegiatan tanam perdana, sekaligus sosialisasi tanaman porang di Dusun Birue, Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulsel, Jumat (27/11/2020).

Penanaman Porang tersebut diinisiasi Karang Taruna Kecamatan Barru, menggandeng PT Alena Magello, dan Pemda Barru.

Kegiatan tersebut dihadiri Camat Barru Andi Hilmanida, Danramil Barru Capten Billahi, Kepala Desa Siawung Sudirman, dan Babinkantimas dan Babinsa Desa Siawung ,Pengurus Karang Taruna Kecamatan Barru dan tokoh masyarakat.

"Apa yang dilakukan Karang Taruna hari ini saya sangat bahagia dan apresiasi ," kata Sekda Barru dalam sambutannya disela-sela acara pembukaan penanaman dan sosialisasi porang.

Porang atau dikenal juga dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri.

Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Tanaman ini kalau berhasil sangat berpotensi bagi masyarakat untuk mendapat nilai tambah untuk kebutuhannya.

Untuk itu Abustan mengajak masyarakat untuk menanam porang, karena hal ini sangat menjanjikan untuk pendapatan masyarakat.

Saat ini di Kabupaten Barru jumlah lahan tidur mencapai 10 ribu hektar, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk pertanian.

"Silahkan masyarakat bertani apa saja yang bisa ditanam untuk memanfaatkan lahan tidur tersebut," ajak Abustan AB.

Pihaknya menambahkan, tahun depan semua PPL akan diupayakan dan disiapkan alat pengukur tanah. Fasilitas ini harus disiapkan untuk mengukur tanah untuk menentukan layak dan tidaknya tanah bisa ditanami tanaman tersebut.

Sementara Andi Irawan dari PT Alena Magello siap membantu masyarakat bila ada yang berkeinginan menjadi petani Porang.

"Silahkan siapkan lahan, kami siap bantu pendampingan," kata Andi Irawan dalam penjelasannya dihadapan masyarakat dan Karang Taruna Kecamatan Barru.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Barru, Asriadi Rija  menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, sehingga dilaksanakan penanaman dan sosialisasi tanaman porang.

Untuk tanaman porang, karang taruna menyiapkan 1 hektar, tapi lokasinya terpisah-pisah. Selain tanaman porang, penanaman bawang dann lainnya juga akan dilakukan dan sudah disiapkan lokasinya.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved