Breaking News:

Tribun Selayar

Pohon Kurma Tumbuh Subur dan Berbuah di Selayar, di Sini Tempatnya

Pohon kurma ternyata juga bisa tumbuh dan berbuah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Tepatnya di Kabupaten Kepulauan Selayar

Dok. Arfan
Pohon kurma berhasil berbuah di depan halaman Masjid Agung Al Umaraini Kabupaten Kepulauan Selayat, di Jalan R.A Kartini, Kecamatan Benteng. 

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Siapa yang tak kenal buah kurma. Buah yang telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah itu, memiliki banyak kandungan nutrisi.

Biasanya, buah ini tumbuh subur di wilayah arab, namun siapa sangka, buah ini ternyata juga bisa tumbuh dan berbuah di Sulawesi Selatan (Sulsel), Indonesia.

Tepatnya di depan halaman Masjid Agung Al Umaraini Kabupaten Kepulauan Selayar, di Jalan R.A Kartini, Kecamatan Benteng.

Ada lima pohon kurma yang tumbuh subur di halaman masjid tersebut, dan kini kurma tersebut telah berbuah.

Berbuahnya kurma di wilayah kepulauan Sulsel itu, sontak menjadi perhatian warga. Pasalnya, pohon kurma tersebut baru kali pertama berbuah.

Ketua Pengurus Masjid Agung Al Umaraini Arfan Arief mengatakan, bibit kurma tersebut awalnya diperoleh dari seorang warga bernama Abidin.

"Awalnya, pembibitan pohon kurma ini dilakukan oleh Pak Abidin, kemudian diserahkan kepada salah satu pengurus untuk ditanam di halaman masjid," kata Arfan, Kamis (26/11/2020).

Pohon kurma yang berbuah di Selayar ini diklaim tanpa pohon pejantan. Berbeda dengan kurma di Tanah Suci yang memerlukan pohon pejantan.

Pengurus masjid merencanakan, jika kurma tersebut dipanen kelak, bakal dibagikan secara gratis kepada jemaah, pengurus masjid, serta kepada warga yang membutuhkan.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Selayar Muzakkir Muin mengatakan, cuaca di Kabupaten Kepulauan Selayar memang mendukung untuk berbuahnya pohon kurma.

"Adanya penyimpangan genetik, karena cuaca mendukung di Selayar, sehingga pohon kurma itu bisa berbuah," kata dia. (TribunSelayar.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved