Breaking News:

SMK 1 Bantaeng Belajar Tatap Muka Tahun Depan

Belajar tatap muka boleh dilakukan dengan mengajukan usulan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi-selatan.

TRIBUN TIMUR/ACHMAD NASUTION
Kepala sekolah SMK Negeri 1 Bantaeng, Samsud Samad. 

TRIBUNBANTAENG, BANTAENG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bantaeng merencanakan akan kembali berlakukan pembelajaran tatap muka di sekolah tahun 2021.

Karena tahun 2020 sudah dipastikan belum bisa dilaksanakan belajar tatap muka di sekolah karena sudah dekat dengan waktu ujian semester.

"Rencana tatap muka di sekolah tahun 2021 juga, karena sudah mau semester, jadi masih daring sudah itu libur siswa. Jadi awal Januari 2021 kita rencanakan," kata Kepala sekolah SMK Negeri 1 Bantaeng, Samsud Samad kepada TribunaBantaeng.com, Rabu, (18/11/2020).

Pembelajaran tatap muka dinilai sudah berpeluang untuk kembali dilaksanakan dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi di masa pandemi Covid-19.

Belajar tatap muka boleh dilakukan dengan mengajukan usulan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi-selatan.

Selain itu, harus mendapatkan izin dari Komite sekolah, satgas Covid-19 Kabupaten/Kota, dan orangtua siswa.

"Kalau belajar tatap muka kita mengusulkan kemudian di verifikasi kesiapan prasarana dan  harus ada izin dari Komite, Gugus Tugas (Satgas Covid-19) dan orangtua siswa," ujarnya.

Saat ini, kata dia, sarana protokol kesehatan yang telah tersedia di sekolah adalah tempat cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan hand sanitizer.

Untuk syarat lainnya sementara dilengkapi. Namun, yang terpenting adalah izin dari orangtua siswa.

"Ini sementara saya bicarakan dengan Komite sekolah dan kami sementara lengkapi sarana lainnya. Tetapi yang terpenting izin dari orangtua," lanjutnya.

Kemudian, lanjut dia, terkait Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang hingga saat ini masih berjalan dinilai sangat tidak efektif bagi proses belajar siswa.

Pasalnya, siswa hingga saat ini kebanyakan hanya belajar teori saja. Padahal, di SMK Negeri 1 Bantaeng siswa harus banyak belajar praktek.

Seperti, praktek Pelatihan menjahit, komputer, pengelolaan kegiatan di perkantoran, akuntansi.

"Cuman kita kelemahannya siswa tidak bisa belajar praktek karena kita di SMK banyak belajar praktek," jelasnya.

Olehnya itu dia berharap, kedepan Pemerintah Sulsel, Kabupaten Bantaeng, Komite sekolah dan orangtua siswa memberikan izin belajar tatap muka awal tahun 2021.

Penulis: Achmad Nasution
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved