Breaking News:

Tribun Barru

Kabupaten Barru Raih Juara Satu Nasional STBM Award

Kabupaten Barru kembali meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan tahun 2020.

Penulis: Darullah | Editor: Suryana Anas
Pemkab Barru
Kabupaten Barru Raih Juara Satu Nasional STBM Award - Kabupaten Barru kembali meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan tahun 2020. 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Kabupaten Barru kembali meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan tahun 2020.

Kesuksesan Kabupaten Barru meraih juara 1 pada kategori percepatan lintas sektoral pelibatan sejumlah elemen masyarakat.

Kabupaten Barru mendapat penghargaan ini dari kategori 'Kabupaten Stop Babs/ODF', yakni dalam upaya mobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam penyediaan layanan sanitasi berkelanjutan berbasis masyarakat tahun 2020.

Tidak hanya itu, Penghargaan lainnyapun diperoleh pada Kategori STBM Award berkelanjutan untuk Pemerintah Kabupaten Barru diantaranya Kategori Kepala Desa dan Lurah atas  nama Kepala Desa Pacekke Muhammad Dahlan , Kategori terbaik Sanitarian /Petugas Kesehatan lingkungan dari Puskesmas Armin Arif Rahmasyah, dan Kategori Natural leader Andi Syah Indra Irwan lewat komunitas Aplusnya.

Kepala Bappeda dan Litbang Pemkab Barru, Umar Sinampe mengatakan, penghargaan ini bukanlah suatu tujuan akan tetapi bagaimana kesadaran masyarakat di Kabupaten Barru terus ditingkatkan untuk tidak buang air besar sembarang tempat.

"Keberhasilan dengan capaian ini adalah keberhasilan atas kerjasama semua stakeholder. Baik itu pemerintah, TNI, Polri maupun masyarakat itu sendiri," pungkasnya, Sabtu (14/11/2020).

Umar Sinampe juga menuturkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan dorongan Bupati bersama Wakil Bupati Barru serta para Forkopimda.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan dr Terawang Agus Putranto dan Kasad Jenderal Andika Perkasa menyampaikan apresias atas prestasi yang telah diraih Kabupaten/Kota pada program bebas dari buang air besar sembarangan atau sudah memiliki STBM berbasis masyarakat.

"Kabupaten, kota dan provinsi pemenang ini tidak hanya layak mendapat apresiasi. Mereka juga layak menjadi tempat pembelajaran bagi wilayah lain di Indonesia," tandasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, STBM Award ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang telah berhasil pada menyukseskan pilar STBM serta mengupayakan keberlanjutannya.

Laporan wartawan Tribunbarru.com, Darullah, @uull_darullah

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved