Breaking News:

Citizen Reporter

MGMP PAB Sulsel Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Buddha di Masa Pandemi

Lembaga Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (MGMP PAB) menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Buddha

Citizen Reporter/Miguel Dharmadjie
Lembaga Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (MGMP PAB) menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Agama Buddha di Masa Pandemi 

Citizen Reporter, Miguel Dharmadjie, S.T., CPS® Penyuluh Agama Buddha Non PNS

Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Pandhit Amanvijaya, S.Ag., M.M., M.Pd.B. membuka secara resmi Workshop bertema “Peningkatan Kompetensi Guru Agama Buddha di Masa Pandemi”.

Kegiatan ini diadakan lembaga Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha (MGMP PAB) Provinsi Sulawesi Selatan di Orchid Function Room, Fave Hotel Losari, Makassar pada Sabtu dan Minggu (07 & 08 Nopember 2020).

Turut mendampingi Pembimas Buddha Sulsel dalam acara pembukaan adalah : Ketua MGMP PAB Prov. Sulsel Joko Tri Santoso, S.Pd.B. selaku penanggungjawab kegiatan dan Ketua Panitia Ziendi Zetiawan Yanwar, S.T.

Workshop yang bertujuan memberikan pemahaman teknologi dan perangkat aplikasi pembelajaran serta sistem administrasi pembelajaran agar dapat dipahami dan digunakan selama masa pandemi ini diikuti oleh 46 orang Guru Agama dan Guru Keagamaan Buddha dari Gowa, Pinrang dan kota Makassar.

Dalam arahannya, Pembimas Buddha mengatakan MGMP PAB merupakan wadah bagi guru-guru untuk meningkatkan kompetensinya. Dengan bergabung dalam keanggotaan MGMP PAB, maka banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya adalah dapat saling berbagi informasi, media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang update ke sesama anggota.

Dengan terbentuknya MGMP PAB diharapkan dapat membawa suasana baru dalam rangka meningkatkan pendidikan agama dan keagamaan Buddha di Sulsel. Untuk itu semangat dan kinerja para pengurus diharapkan dapat berkesinambungan untuk meningkatkan pendidikan agama dan keagamaan Buddha di Sulsel. “Teruslah belajar dan berinovasi untuk meningkatkan kompetensi guru agama dan guru keagamaan Buddha,” pesan Pembimas.

Selain arahan dari Pembimas Buddha, dalam Workshop ini peserta mendapat materi berupa : Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan “Kinemaster” (Jason Pratama Sunarji, S.Kom.); Administrasi Pembelajaran (Instruktur K13 Kota Makassar Sunardi, S.Pd., M.Pd.); dan Ice Breaking di Kelas Daring (Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kab. Gowa Dr. Ayatollah Hidayat, S.Pd., M.Pd.).

Materi lainnya adalah : Pemanfaatan Platform Pembelajaran Selama Belajar Daring (Kepala Sekolah SD & SMP Pundarika Varianty Kadiaman, S.Pd.); dan Evaluasi Pelatihan Platform Pembelajaran Daring dan Aplikasi Video Pembelajaran (Guru Agama Buddha SD & SMP Pundarika dan SD & SMP Madania Wandy Pursino, S.Pd.B.).

Pada workshop ini para peserta juga diberikan tugas membuat video pembelajaran secara kelompok dan mempresentasikan hasil kerja kelompoknya untuk dievaluasi.

Kegiatan yang merupakan bantuan Pembimas Buddha kepada lembaga MGMP PAB ini  merupakan kegiatan pengganti dari kegiatan penyusunan soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) yang ditiadakan karena dampak Covid-19. Dan juga karena USBN telah ditiadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).*(mi_dhata)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved