Semen Tonasa

Semen Tonasa Gelar Pelatihan Kewirausahaan di Desa Binaan Ring 1 Pabrik

Semen Tonasa menggelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Forum Desa/Kelurahan (Ring 1) di Pulau Dutungan, Kabupate Barru.

Penulis: Muh Hasim Arfah | Editor: Hasriyani Latif
PT Semen Tonasa
Semen Tonasa menggelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Forum Desa/Kelurahan (Ring 1) di Pulau Dutungan Kabupate Barru, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/11/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Semen Tonasa menggelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Forum Desa/Kelurahan (Ring 1) di Pulau Dutungan, Kabupate Barru, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/11/2020).

Pada kesempatan ini Kepala Unit CSR PT Semen Tonasa, Harun Diming, tidak sempat hadir karena menghadiri penganugerahan CSR Awards 2020 di Jakarta.

Pembukaan pelatihan diwakili oleh Manajer Bina Lingkungan dan CSR PT Semen Tonasa, Abdul Kadir dan beberapa dari manajemen.

Ketua Panitia Ahyar melaporkan tentang jumlah peserta yang hadir 55 orang terdiri dari forum desa 11 desa/kelurahan, tim pendamping, dan manajemen.

Selain mendapatkan materi dari Narasumber Bapak Muhammad Farid, PhD dari Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan (LIPK) Universitas Negeri Makassar dan Ibu Ros Lantara dari LAPPIM.

Peserta juga mendapatkan bimbingan dari pihak manajemen PT Semen Tonasa, pendamping, dan dilanjutkan dengan kegiatan outbond.

Muhammad Farid yang juga sekretaris LIPK UNM memberikan materi Penguatan Kapasitas Kewirausahaan Pedesaan menuju kemandirian ekonomi.

Farid yang juga sebagai dosen Fakultas Teknik UNM berbagi tips untuk UMKM binaan forum desa antara lain pentingnya berwirausaha, identifikasi keunggulan produk desa, memahami segmentasi pasar, inovasi, dan pengembangan produk untuk bisa survive.

Selanjutnya, pemanfaatan media sosial untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh Wirausaha binaan.

LIPK UNM sebagai memberi kesempatan kepada UMKM yang ingin konsultasi mengembangkan usahanya.

Narasumber dari Ros Lantara dari LAPPIM dengan tema prinsip-prinsip perencanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Team Leader CSR PT Semen Tonasa Ruslan Ali, yang juga Direktur Bina Lingkungan Indonesia (Bingkai) sebagai penanggu jawab pendampingan Wilayah Lingkar (Ring 1) PT Semen Tonasa membawakan materi untuk penguatan kelembagaan organisasi Forum Desa dan Kelurahan di 11 desa lingkar perusahaan sebagai mitra perusahaan dalam merealisasikan program program Community Development (Comdev)

Materi dari manajemen dibawakan oleh Manajer Keuangan PKBL, Ivo yang membahas kebijakan perencanaan dan penganggaran perusahaan khususnya tentang alokasi anggaran CSR dari perusahaan untuk forum desa.

Kegiatan Pelatihan Penguatan Forum ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun di awal realisasi Rencana Kerja (Renja) forum desa, namun utk tahun 2020 diundur ke akhir tahun karena adanya pandemi covid 19.

Tujuan kegiatan ini adalah, Silaturrahmi antar stakeholder di wilayah lingkar, Penguatan kapasitas pengurus forum dan pendamping untuk merealisasikan Renja Forum.

Selanjutnya, sharing pengetahuan dan pengalaman kegiatan pemberdayaan, pemberdayaan ekonomi kecil dari berbagai pihak agar program comdev dan kewirausahaan masyarakat di wilayah ring 1 perusahaan dapat berkembang dengan baik dan memberikan dampak ekonomi secara berkelanjutan.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved